9 CARA MENINGKATKAN METABOLISME TUBUH

17 July 2017  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Sedang berusaha untuk menurunkan berat badan Anda? Bila ya, maka meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda mungkin dapat membantu usaha Anda tersebut. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa cara meningkatkan laju metabolisme tubuh untuk mencapai berat badan ideal yang Anda inginkan.

 

  1. Bentuk Otot Anda

Karena otot merupakan salah satu pembakar lemak di dalam tubuh, maka olahraga untuk membentuk otot merupakan salah satu cara untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda dan menurunkan berat badan. Setelah berolahraga, pastikan Anda mengkonsumsi cemilan sehat yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Dengan meningkatkan massa otot tubuh Anda, maka proses pembakaran lemak di dalam tubuh Anda pun akan semakin meningkat.

 

  1. Olahraga Kardio

Olahraga kardio akan meningkatkan pembakaran lemak yang menutupi seluruh otot tubuh Anda, terutama lemak perut. Dengan melakukan olahraga aerobik secara teratur dan mengkombinasikannya dengan olahraga angkat beban, maka tubuh Anda pun akan terlihat lebih kurus. Lagipula membentuk otot tanpa melakukan olahraga kardio juga sama saja dengan membangun rumah dengan fondasi yang lemah.

 

  1. Makan Dengan Teratur

Makanlah dengan porsi kecil 6 kali sehari untuk menghindari peningkatan kadar gula darah secara mendadak dan meminimalkan keiginan untuk makan secara berlebihan (binge). Usahakan Anda selalu makan pada waktu yang sama setiap harinya dan jangan biarkan diri Anda merasa kelaparan.

 

  1. Konsumsi Diet Sehat

Konsumsilah makanan bernutrisi dan batasi konsumsi karbohidrat sederhana (berbagai jenis makanan yang mengandung gula atau tepung putih).  Untuk memaksimalkan pembakaran lemak di dalam saluran pencernaan dan menghalau rasa lapar, perbanyaklah konsumsi karbohidrat kompleks seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Selain itu, pastikan selalu ada makanan sumber protein di dalam menu makanan Anda. Protein bukan berarti Anda harus mengkonsumsi daging; susu, kacang, dan tahu juga merupakan sumber protein.

 

  1. Cukup Tidur

Usahakanlah untuk tidur selama 7-8 jam setiap malamnya. Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Case Western Reserve University menemukan bahwa wanita yang rata-rata tidur selama 5 jam atau kurang lebih mudah mengalami peningkatan berat badan dan 15% di antaranya mengalami obesitas.

 

  1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Pada sebuah penelitian kecil yang dilakukan di Jerman, para ahli menemukan bahwa dengan meningkatkan konsumsi air putih, maka laju metabolisme tubuh pun akan meningkat pula. Hanya dengan mengkonsumsi sekitar 500 ml air putih, laju metabolisme tubuh Anda pun akan meningkat sebanyak 30% selama 1 jam kemudian, yang berarti membakar 24 kalori lebih banyak.

Para ahli menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi air dingin karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak untuk menghangatkan air dingin yang masuk ke dalam tubuh agar sesuai dengan suhu tubuh Anda saat ini.

 

  1. Makan Hingga Kenyang

Kurang makan akan membuat laju metabolisme tubuh Anda menurun dan akibatnya, tubuh Anda pun akan menumpuk lebih banyak lemak. Sebagian besar ahli gizi menganjurkan agar seorang wanita aktif mengkonsumsi setidaknya 1.800 kalori setiap harinya. Akan tetapi, pilihlah makanan Anda dengan hati-hati karena makanan sehat pun seringkali mengandung cukup banyak kalori.

 

  1. Atasi Stress

Selalu jaga kadar stress Anda setiap hari dengan membagi waktu dengan baik dan memfokuskan pikiran Anda pada masa kini. Hal ini dikarenakan berbagai penelitian telah menemukan adanya hubungan antara kadar stress yang tinggi dengan peningkatan berat badan.

 

  1. Tingkatkan Intensitas Olahraga Anda

Untuk memaksimalkan pembakaran lemak di dalam tubuh Anda, ubahlah kecepatan dan intensitas olahraga kardio Anda. Contohnya adalah jika Anda sedang berolahraga jalan kaki, maka tingkatkan kecepatan Anda selama beberapa menit, misalnya dengan berjalan cepat atau jogging selama beberapa menit. Ulangi terus hal ini. Jika Anda telah berlari, maka lakukanlah hal ini selama beberapa menit, kemudian lanjutkan dengan sprint selama beberapa menit dan ulangi kembali.

 

Sumber: www.dokter.id

 

Tangerang
Jakarta Selatan