9 GEJALA TAK TERDUGA DARI KEKURANGAN VITAMIN B12

15 July 2017  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Seiring dengan semakin bertambahnya usia, kemampuan tubuh Anda untuk menyerap vitamin B12 dari dalam makanan pun akan menurun. Selain usia, ada beberapa hal lain yang juga dapat membuat Anda kekurangan vitamin B12 seperti tidak makan daging, mengkonsumsi obat-obatan tertentu (merformin, yang biasa dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 atau penderita sindrom ovarium polikistik), mengkonsumsi obat maag tertentu, atau baru saja menjalani operasi penurunan berat badan.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa gejala yang menunjukkan bahwa Anda kemungkinan besar menderita kekurangan vitamin B12.

 

  1. Selalu Merasa Mengantuk, Walaupun Sudah Cukup Tidur

Merasa amat sangat lelah merupakan salah satu gejala awal dari kekurangan vitamin B12. Hal ini dikarenakan tubuh Anda memerlukan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah, yang berfungsi untuk membawa oksigen ke berbagai organ tubuh Anda. Saat Anda kekurangan oksigen, maka Anda pun akan tetap merasa lelah tidak peduli berapa lama waktu tidur Anda semalam. Akan tetapi, terus merasa lelah dan mengantuk juga dapat disebabkan oleh hal lain selain kekurangan vitamin B12, apalagi bila mengantuk merupakan satu-satunya gejala yang Anda alami.

 

  1. Barang Belanjaan Terasa Sangat Berat

Jika otot tubuh Anda tidak mendapatkan cukup banyak oksigen dari sel darah merahnya, maka otot Anda pun akan menjadi lebih lemah. Hal ini akan membuat tubuh Anda terasa lesu dan lemah.

 

  1. Merasakan Sensasi Aneh

Merasa seperti ada aliran listrik yang menjalar dari kepala hingga kaki Anda? Bila ya, maka Anda mungkin sedang kekurangan vitamin B12. Selain gejala tersebut, penderita juga dapat mengalami beberapa gejala lain seperti mati rasa dan rasa seperti tertusuk-tusuk. Berbagai sensasi aneh ini terjadi akibat adanya kerusakan saraf, yang dipicu oleh rendahnya kadar oksigen pada sel-sel sarah.

 

  1. Sulit Mengingat Berbagai Hal

Apakah Anda bingung mengapa ada kunci di dalam lemari pendingin Anda atau sulit sekali mengingat nama keponakan Anda? Takut bila hal tersebut merupakan gejala awal dari demensia (pikun)? Memang benar bahwa berbagai gejala tersebut dapat merupakan salah satu gejala dari pikun, tetapi kekurangan vitamin B12 juga kadangkala dapat menyebabkan berbagai gejala di atas.

 

  1. Merasa Pusing atau Lemah

Sering merasa pusing atau seperti akan jatuh juga dapat merupakan gejala dari kekurangan vitamin B12. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Turki, sekitar 40% kasus pusing yang ditemukan di unit gawat darurat terjadi akibat kekurangan vitamin B12.

 

  1. Kulit Tampak Pucat

Kekurangan vitamin B12 dapat membuat sel darah merah di dalam tubuh Anda menjadi lebih rapuh dan lebih mudah hancur, akibatnya kulit Anda pun akan tampak lebih pucat dan agak kekuningan. Kulit yang tampak kekuningan disebabkan oleh kadar bilirubin yang meningkat akibat banyaknya sel darah merah yang pecah.

 

  1. Lidah Tampak Halus dan Merah

Sekitar setengah dari penderita kekurangan vitamin B12 berat akan kehilangan papilla (tonjolan kecil) lidahnya, terutama di bagian tepi lidah. Selain itu, penderita juga sering mengeluhkan adanya rasa seperti terbakar dan nyeri, terutama pada lidah bagian belakang.

Hilangnya papilla lidah akan membuat makanan yang Anda makan terasa tawar, karena menurunnya fungsi pengecapan. Akibatnya, wanita yang menderita kekurangan vitamin B12 juga dapat mengalami penurunan berat badan karena makanan tidak lagi terasa seenak biasanya.

 

  1. Menjadi Lebih Sensitif

Kekurangan vitamin B12 juga akan membuat mood Anda menjadi sangat buruk, yang bahkan dapat berujung pada terjadinya depresi atau gangguan cemas. Walaupun hingga saat ini para ahli masih belum mengetahui secara pasti apa hubungan antara gangguan mood dengan kekurangan vitamin B12, akan tetapi mereka menduga hal ini dikarenakan vitamin B12 juga turut berperan dalam pembentukan zat-zat kimia di dalam otak, termasuk serotonin dan dopamin, yang berfungsi untuk mengatur mood.

 

  1. Mengalami Gangguan Penglihatan

Pada kasus yang ekstrim, kekurangan vitamin B12 juga dapat merusak saraf penglihatan atau menyumbat pembuluh darah di dalam retina; yang akan membuat Anda mengalami berbagai gejala gangguan penglihatan seperti pandangan kabur, penglihatan ganda, menjadi sensitif terhadap cahaya, dan bahkan kehilangan penglihatan. Salah satu gejala awal dari gangguan penglihatan akibat kekurangan vitamin B12 adalah tertutupnya sebagian lapang pandang pada salah satu mata.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: prevention

Tangerang
Jakarta Selatan