BOLEHKAH MINUM OBAT ANTI DEPRESI SAAT HAMIL???

16 July 2017  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi obat SSRI (Selective Serotonin Re-uptake Inhibitors) selama hamil tidak akan membuat bayinya lahir dengan berat badan lahir rendah.

Saat seorang wanita hamil, mereka pasti merasa sangat khawatir mengenai makanan dan segala sesuatu yang mereka konsumsi karena dapat berpengaruh pada kesehatan bayi yang dikandungnya.

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan oleh para wanita hamil adalah bolehkah mengkonsumsi obat saat hamil, termasuk obat anti depresi.

Pada zaman dahulu, banyak wanita hamil yang terpaksa menghentikan pengobatan depresinya karena takut mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Akibatnya, bila mereka tidak segera melanjutkan pengobatan segera setelah bayi mereka lahir, kekambuhan pun seringkali terjadi.

Akan tetapi, sebuah penelitian baru menemukan bahwa obat anti depresi golongan SSRI yang dikonsumsi selama hamil tidak akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. 

Para ahli juga tidak menemukan adanya perbedaan pertumbuhan yang signifikan pada anak dari lahir hingga berusia 12 bulan, yang dilahirkan oleh ibu yang mengkonsumsi SSRI saat hamil dengan yang tidak mengkonsumsi SSRI saat hamil.

Penelitian lainnya juga menemukan bahwa penggunaan SSRI pada wanita hamil tidak berhubungan dengan peningkatan resiko terjadinya kematian bayi.

Berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai hal ini sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkan atau menghentikan konsumsi obat anti depresi Anda saat hamil.

Sumber: www.dokter.id

 

Tangerang
Jakarta Selatan