CIRI-CIRI BAYI SUDAH SIAP MPASI

06 August 2017  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Apa itu MPASI?

MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping ASI. Sesuai dengan namanya, Makanan Pendamping, maka pada masa pemberian MPASI, ASI masih menjadi "menu" utama pada bayi. ASI ekslusif diberikan pada bayi sampai dengan usia 6 bulan atau 180 hari.

Karena, bayi sebaiknya hanya mengonsumsi ASI pada enam bulan pertama hidupnya. Setelah enam bulan, dia baru dapat mengonsumsi makanan pendamping ASI tersebut.

 

Lalu kapan sih bayi siap diperkenalkan kepada makanan?

Pertumbuhan setiap bayi memang berbeda dan juga unik sehingga tidak dapat dibandingkan antara satu sama lain, namun terdapat ciri-ciri umum yang menunjukkan bahwa bayi telah siap mengonsumsi MPASI. Bayi Anda mungkin memiliki satu atau dua tanda-tanda berikut ini ketika berusia enam bulan:

  • Bayi Anda mulai bisa meraih makanan dan memasukkan ke mulut karena telah ada koordinasi antara mata, mulut, serta tangannya.
  • Bayi sudah dapat menegakkan kepalanya/dapat duduk sendiri tanpa bantuan, hal ini penting, agar lehernya lurus ketika ia menelan makanan.
  • Bayi Anda tertarik pada makanan yang sedang Anda konsumsi.
  • Dia dapat menelan makanan. Jika tidak, dia akan mengeluarkan makanan itu kembali ke luar dari mulut.
  • Bila bayi sudah membuka mulut lebar-lebar pada saat mulutnya didekatkan sendok, itu tandanya ia sudah siap menerima MPASI.
  • Bayi 6 bulan biasanya sudah dapat tidur lebih lama di malam hari, sehingga tidak bangun setiap 2-3 jam seperti bayi baru lahir. Kini ia sering terbangun menangis karena lapar. Atau, ia bangun lebih pagi dari biasanya dan menangis minta susu. Itulah tandanya ia siap menerima MPASI.

 

Hal penting dalam pemberian MPASI adalah menghindari memaksakan bayi menghabiskan makanannya. Biarkan anak menentukan sendiri kapan dia ingin makan. Jangan lupa, periksakan kepada dokter jika bayi Anda mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi makanan tertentu.

 

Tangerang
Jakarta Selatan