HILANGKAN STRES DENGAN CARA PENGOBATAN JEPANG

09 August 2017  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Banyak cara menghilangkan stres ringan yang dapat dilakukan, seperti pergi berlibur, belanja atau sekedar main game dirumah. Tetapi ada satu cara mujarab yang dipercaya orang Jepang dengan cara pengobatan ala Jepang yang bernama Shirin-yoku, pengobatan ala Jepang ini memanfaatkan suasana hutan dan telah dikembangkan di Jepang sejak 1980an silam.

Shirin-yoku sendiri merupakan perawatan kesehatan preventif dan penyembuhan dalam pengobatan Jepang, dikutip dari laman resmi Shirin-Yoku.

Pemerintah Jepang menciptakan istilah tersebut di awal 1980, forest bathing atau Shirin-yoku bermanfaat bagi kesehatan kejiwaan dan dapat mendatangkan keuntungan bagi hutan yang ada Jepang yang dikunjungi wisatawan.

Ada satu studi dari peneliti di Chiba University membandingkan hampir 300 mahasiswa yang telah berjalan-jalan di sebuah kota dan di sebuah hutan. Para mahasiswa yang berjalan-jalan di hutan dan secara tidak langsung melakukan forest bathing, memiliki konsentrasi hormon stres kortisol yang lebih rendah, tingkat denyut nadi yang juga lebih rendah dan tekanan darah yang normal dibandingkan mahasiswa yang berjalan-jalan di kota. Ini artinya manfaat dari Shirin-yoku atau berjalan-jalan di hutan selama dua jam lebih sangat berguna bagi kesehatan kejiwaan.

 

Yuk, kini saatnya merencanakan liburan untuk mengunjungi gunung atau liburan ke alam bebas dari pada liburan di mall.

Tangerang
Jakarta Selatan