KENALI APA ITU ANESTESI SEBELUM OPERASI

08 February 2017  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Tujuan dokter memberikan anestesi kepada pasien adalah untuk membuat Anda merasa santai karena meminimalisir rasa sakit saat operasi berlangsung, maupun membuat Anda mengantuk dan terlelap tidur sehingga anda tidak menyadari operasi yang dilakukan.

Di dalam dunia kedokteran ada tiga macam anestesi, yaitu anestesi lokal, regional dan umum dan masing-masing dari anestesi ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

  • Anestesi lokal berfungsi untuk operasi kecil yang bisa membuat area yang akan dioperasi mengalami mati rasa, namun sang pasien akan tetap sadar saat menjalani operasi tersebut.
  • Anestesi regional yang paling sering digunakan adalah anestesi epidural yang kerap digunakan saat melahirkan. Untuk jenis anestesi regional ini, pembiusan biasanya disuntikkan di bagian dekat sumsum tulang belakang dan saraf yang terhubung. Suntikan ini akan menghilangkan sakit pada beberapa bagian tubuh seperti pinggul, perut, atau kaki.
  • Yang ketiga adalah anestesi umum. Anestesi jenis ini membuat Anda tidak sadar sama sekali dan tidak ingat apa pun selama operasi berlangsung, prosedur ini biasa disebut dengan bius total.

Pemberian ketiga anestesi itu diberikan tidak kepada sembarang pasien. Semua tergantung pada beberapa hal, seperti riwayat dan kondisi kesehatan Anda sekarang, jenis operasinya (untuk keamanan dan kenyamanan pasien), serta hasil tes yang dilakukan seperti tes darah dan elektrokardiogram (EKG).

Tangerang
Jakarta Selatan