MANFAAT BUAH & SAYURAN SESUAI WARNANYA

14 September 2017  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Sayuran dan buah-buahan diciptakan oleh Sang Maha Pencipta sangat beraneka ragam dan beraneka warna.

 

Sudah tahukah Anda kenapa buah dan sayuran mempunyai warna, aroma dan rasa berbeda-beda? Menurut dokter ahli gizi dan pakar diet Grace Judio Kahl, zat yang disebut fitonutrien-lah yang bertanggung jawab terhadap perbedaan warna, aroma dan rasa pada buah dan sayuran.

 

Masing-masing warna buah dan sayur yang berbeda-beda itu berarti mempunyai khasiat yang berbeda-beda pula untuk tubuh kita pada umumnya.

Kuning

Buah warna kuning seperti jeruk, pir dan nanas mengandung fitonutrien yang disebut beta-cryptothanxin. Fitonutrien ini dapat mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko katarak dan mengurangi risiko degenerasi retina.

Oranye

Buah berwarna oranye seperti wortel, labu dan pepaya mengandung fitonutrien beta-karoten yang berfungsi mengurangi degenerasi macula pada retina, mengurangi risiko penyakit prostat dan menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Merah

Buah berwarna merah seperti tomat dan semangka mengandung fitonutrien likopen, yang menurut penelitian bisa mengurangi risiko kanker prostat, tekanan darah, pertumbuhan tumor serta mendukung pertumbuhan jaringan sendi pada kasus tertentu.

Hijau

Warna hijau pada sayuran kangkung dan bayam mengandung fitonutrien utama berupa klorofil dan lutein yang berfungsi mengurangi risiko pembesaran prostat, menurunkan tekanan darah dan mengurangi pertumbuhan tumor.

Biru atau Ungu

Buah berwarna biru dan ungu seperti pada anggur dan blueberry mengandung resveratol sebagai antioksidan kuat yang mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan memori dan memperlambat proses penuaan.

Putih

Buah dan sayur berwarna putih kembang kol, sirsak, lobak, sawi putih, taoge, bawang putih dan bombai, tidak berpigmen dan mengandung alicin yang mengontrol kolesterol dan tekanan darah, serta dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Jadi Maya Friends, mulai sekarang kita budayakan yuk mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin agar Anda dapat segera merasakan manfaatnya.

Tangerang
Jakarta Selatan