13 Hal yang Diduga Dapat Memicu Terjadinya Kanker…

...

Menurut sebuah penelitian baru yang cukup besar, gadis remaja yang mengkonsumsi banyak serat dalam menu makanannya mungkin akan memiliki resiko kanker payudara yang lebih rendah di masa depannya. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak serat adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan gandum utuh.

Walaupun demikian, penelitian ini tidak menemukan bukti bahwa serat sendirilah yang membantu mencegah terjadinya kanker payudara. Para peneliti hanya menemukan adanya hubungan antara konsumsi serat dengan resiko kanker payudara.

Penelitian ini membuktikan bahwa serat memang memiliki efek protektif bagi beberapa orang wanita dan bahwa konsumsi serat pada waktu tertentu dalam kehidupan seorang wanita mungkin juga memiliki peranan penting.

Mengapa konsumsi serat di usia remaja sangat penting? Hal ini mungkin dikarenakan di usia tersebutlah perkembangan payudara terjadi. Selain itu, usia remaja juga merupakan saat-saat di mana komposisi tubuh sedang berkembang.

Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi lebih banyak serat di usia remaja akan memiliki resiko kanker payudara yang lebih rendah. Jumlah serat yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para wanita adalah sekitar 25 gram setiap harinya.

Selain itu, mengkonsumsi makanan tinggi serat juga dapat membantu menurunkan resiko terjadinya gangguan jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Karena kebiasaan baik akan bertahan lebih lama bila dimulai sejak dini, maka mulailah biasakan anak-anak Anda mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran sejak kecil.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :