2 Posisi Tidur yang Bisa Buat Anda Mudah Lupa

...

Tahukah Anda bahwa posisi tidur Anda ternyata tidak hanya mempengaruhi kenyamanan tidur Anda, tetapi juga mempengaruhi kesehatan Anda?


Posisi tidur yang salah ternyata tidak hanya dapat membuat Anda mendengkur atau menyebabkan naiknya asam lambung sehingga dada terasa seperti terbakar, tetapi juga dapat meningkatkan resiko terjadinya berbagai gangguan neurologis seperti terjadinya penyakit Alzheimer atau penyakit Parkinson.


Dengan melakukan posisi tidur yang benar, maka Anda dapat mencegah terjadinya kedua penyakit di atas. Tidur dengan posisi menyamping ternyata dapat membantu otak Anda "membuang" berbagai zat sisa di dalamnya saat Anda tidur (lebih baik daripada tengkurap atau terlentang).


Melalui pemeriksaan MRI, para peneliti berhasil menemukan bahwa proses "pembuangan sampah" di dalam otak akan menjadi lebih efisien bila seseorang tidur dengan posisi menyamping.


Yang dimaksud dengan "sampah" otak adalah protein beta amiloid, sejenis protein yang dapat menyebabkan terbentuknya plak di dalam otak, yang berhubungan dengan terjadinya penyakit Alzheimer.


Untuk mendapatkan posisi tidur yang tepat, Anda juga membutuhkan bantuan dari bantal Anda. Dengan memilih bantal yang tepat, tidak terlalu mengembang dan tidak terlalu tipis, maka posisi tulang belakang Anda pun menjadi lurus (tidak melengkung) dan otot leher Anda pun tidak menjadi tegang saat Anda tidur.


Mintalah bantuan pada pasangan atau keluarga Anda untuk melihat apakah "ketebalan" bantal kepala Anda sudah tepat sehingga tulang punggung Anda benar-benar lurus saat Anda tidur. Pilihlah bantal dengan "ketebalan" berkisar antara 12.5-15 cm.

Sumber: www.dokter.id

tags :