4 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menyebabkan Diare

...

Bingung mengapa Anda tiba-tiba mengalami diare padahal tidak ada yang salah dengan makanan atau minuman yang Anda konsumsi? Hal ini mungkin dikarenakan oleh berbagai hal lain. Di bawah ini Anda dapat melihat 5 hal tidak terduga yang ternyata bisa menyebabkan Anda mengalami diare.

 

Sorbitol

Pemanis buatan seperti sorbitol dapat ditemukan di dalam berbagai jenis makanan dan minuman bebas gula seperti permen karet, permen, obat batuk, minuman energi, jus buah, dan selai.

Saat dicerna, sorbitol akan menarik air ke dalam usus dan dapat menyebabkan terjadinya diare. Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda membaca label makanan dan minuman Anda sebelum mengkonsumsinya.

 

Baca juga: Pengobatan dan Komplikasi Diare

 

Olahraga Berlebihan

Olahraga angkat beban, berlari dengan jarak yang cukup jauh, atau bersepeda dapat membuat Anda mengalami diare. Saat Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya kram perut, diare, atau bahkan adanya darah di  dalam tinja.

Bila Anda sering mengalami diare tidak lama setelah Anda berolahraga, segera periksakan diri Anda ke seorang dokter untuk mencari tahu apakah Anda menderita gangguan pencernaan lainnya.

 

Infeksi Giardia

Selain berbagai hal di atas, infeksi parasit ternyata juga dapat memicu terjadinya diare. Parasit yang biasa ditemukan pada air tawar ini dapat menyebabkan diare ringan yang berlangsung selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

Hal lain yang menandakan bahwa diare Anda mungkin disebabkan oleh infeksi giardia adalah tinja yang berbau busuk. Untuk mencegahnya, pastikan Anda hanya mengkonsumsi air yang telah melalui proses sterilisasi.

 

Konsumsi Antibiotik

Mengkonsumsi antibiotik untuk mengobati gangguan lain, kadangkala juga dapat menyebabkan terjadinya diare. Hal ini dikarenakan antibiotik dapat mengubah keseimbangan flora normal (bakteri "baik" dan bakteri "jahat") di dalam usus.

Bila Anda mengalami diare saat mengkonsumsi antibiotik, cobalah untuk mengkonsumsi yogurt atau berkonsultasilah dengan dokter Anda.

 

 

Sumber: menshealth

tags :