5 Tanda Tubuh Kekurangan Gizi

...

Kekurangan gizi  (malnutrisi) merupakan gangguan kesehatan serius yang  terjadi ketika tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Padahal, nutrisi ini sangat penting agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

 

Malnutrisi tidak terjadi dalam satu atau dua hari, tapi terakumulasi selama periode yang lama. Tanda tubuh mengalami kekurangan gizi pun mungkin kamu tidak begitu menyadarinya.

Berikut tanda-tanda tubuh kamu kekurangan gizi:

  1. Tanda paling umum yaitu penurunan berat badan yang tidak direncanakan. Meski begitu, ada pula orang bertubuh gemuk yang kekurangan gizi karena asupan yang dia konsumsi bukanlah makanan yang sehat.
  2. Gampang lelah, mudah terjatuh karena otot melemah.
  3. Konsentrasi menurun.
  4. Depresi, kehilangan selera makan.
  5. Mudah terkena infeksi karena penurunan sistem kekebalan tubuh dan proses penyembuhan luka lambat.

Faktor lain yang turut membuat tubuh kekurangan gizi yaitu masalah ekonomi, kurang pengetahuan mengenai nutrisi, kondisi gigi yang buruk sehingga kesulitan atau kesakitan untuk mengunyah makanan, atau selera makan berkurang akibat adanya gangguan pada indera perasa dan penciuman.

Untuk mengecek apakah tubuh mengalami kekurangan gizi atau tidak, kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter. Dokter akan menghitung indeks massa tubuh untuk mengetahui apakah berat badan dan tinggi badan kamu sudah seimbang atau tidak.

Source : Alodokter.com

tags :