Apakah Berolahraga Akan Memperburuk Keadaan Kista Indung Telur Anda???

...

Kista indung telur merupakan kantong kecil berisi cairan yang terbentuk pada permukaan indung telur. Banyak wanita memiliki kista indung telur tetapi tidak pernah mengetahuinya. Kista ini cukup sering ditemukan saat proses ovulasi dimulai.

Apakah kista indung telur akan membuat penderitanya mengalami nyeri perut atau tidak tergantung pada banyak hal. Jika Anda mengalami nyeri perut saat berolahraga, segera periksakan diri Anda ke seorang dokter untuk mengetahui apa penyebab pasti dari nyeri perut tersebut.

 

Jenis-jenis Kista

Gejala apa yang akan timbul sebenarnya tergantung pada penyebab terbentuknya kista indung telur itu sendiri. Kista folikel merupakan kista yang terbentuk saat folikel tidak berhasil mengeluarkan sel telur matang yang berada di dalamnya ke dalam saluran telur.

Sementara itu, sindrom ovarium polikistik merupakan kista yang terbentuk akibat ketidakseimbangan hormon androgen yang berfungsi untuk mengatur perkembangan sel telur. Penderita biasanya tidak memiliki sel telur yang matang dan gagal terlepas saat proses ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur ke dalam saluran telur) akibatnya sel telur akan terus berada pada permukaan indung telur dan berubah menjadi kista.

 

 

Gejala

Sebagian besar kista indung telur tidak menimbulkan gejala apapun. Akan tetapi, pada beberapa orang wanita adanya kista pada indung telur membuat mereka mengalami gangguan menstruasi seperti:

  • Perdarahan menstruasi yang abnormal, misalnya darah yang dikeluarkan terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Kram pinggul sebelum dan setelah menstruasi berlangsung
  • Nyeri saat berhubungan intim
  • Merasakan adanya tekanan pada kandung kemih atau usus
  • Perut terasa kembung dan tidak nyaman sebelum menstruasi dimulai

 

Kapan Kista Dapat Membuat Anda Kesakitan?

Ada beberapa gerakan yang akan membuat penderita merasa kesakitan, termasuk beberapa gerakan olahraga. Berbagai jenis olahraga yang memusatkan tekanan pada daerah perut atau membuat penderita menggerakkan pinggulnya dapat membuat penderita mengalami kesakitan. Olahraga yang dimaksud adalah sit up atau beberapa posisi yoga.

Jika Anda mengetahui bahwa waktu menstruasi Anda sebentar lagi akan terjadi dan merasa nyeri saat berolahraga, berhentilah berolahraga hingga menstruasi Anda selesai. Hal ini dikarenakan pada keadaan normal (tidak mendekati atau sedang menstruasi), rasa nyeri yang Anda rasakan biasanya ringan dan tumpul.

Bila Anda mengalami nyeri perut hebat yang disertai dengan muntah atau demam dapat merupakan pertanda bahwa kista indung telur yang Anda miliki mengalami perdarahan atau terpuntir. Oleh karena itu, segera periksakan diri Anda ke seorang dokter bila Anda mengalami hal ini.

Satu hal lagi yang perlu Anda ingat adalah bila Anda menderita sindrom ovarium polikistik, maka Anda membutuh pengobatan segera yang bertujuan untuk mengatur kadar hormon di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, segera periksakan diri Anda bila Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur atau nyeri perut hebat saat menstruasi.

Sindrom ovarium polikistik juga dapat menyebabkan terjadinya kemandulan karena ketidakseimbangan kadar hormonal di dalam tubuh Anda dapat mengganggu proses ovulasi.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :