Apakah GERD bisa Menyebabkan Batuk?

...

Orang dengan GERD memiliki gejala umum yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius dari waktu ke waktu.

Gejala GERD yang paling umum banyak, mulai dari mulas, sensasi terbakar di dada, dan masih banyak lagi. Namun ternyata GERD juga memiliki gejala yang tidak terlalu umum yaitu batuk.

GERD merupakan penyebab paling umum dari batuk yang terus-menerus. Faktanya, 25% penderita GERD memiliki gejala batuk kronis. Mayoritas orang dengan gejala batuk, tidak memiliki gejala umum asam lambung. 

"Nah, di Upper Esophageal Sphincter (bagian tenggorokan) itu ada saraf atau pusat batuk. Jadi kalau misalnya ada asam lambung naik ke atas, otomatis tombol batuknya itu seperti kepencet jadi timbulah batuk," ujar dr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi - Hepatologi dari Mayapada Hospital Kuningan (MHKN).

Batuk juga merupakan proses pertahanan tubuh. Jadi, alih-alih supaya asam lambungnya tidak masuk ke dalam saluran pernapasan atau isi lambungnya tidak masuk ke saluran pernapasan harus sengaja batuk agar masuk pada pita suara dan tidak masuk ke dalam pernapasan.

Gejala apabila Batuk disebabkan oleh GERD

  • Sering batuk pada malam hari atau setelah makan
  • Batuk saat Anda berbaring
  • Batuk terus-menerus saat tidak ada penyebab umumnya

Makanan dan minuman yang dapat memperburuk GERD

  • Minuman beralkohol
  • Minuman berkafein
  • Cokelat
  • Makanan yang sering digoreng dan berlemak
  • Bawang putih
  • Makanan pedas
  • dll

"Karena asam lambung bersifat Acid, misalnya dia masuk ke dalam nanti jadi micro aspirasi dan pneumonia. Nah, itulah salah satu mekanisme pertahanan dari tubuh. Jadi kalau ada Reflux supaya tidak masuk ke paru-paru harus sengaja batuk atau didehem kan agar ada rangsangan dari pusat batuk yang menyebabkan seringnya batuk tersebut," ujar dr. Kaka

Jika Anda menderita batuk terus-menerus, segera konsultasikan dengan dokter tentang risiko GERD Anda. 

Gastrohepatology center, layanan multi spesialisasi dalam penanganan kasus penyakit gangguan pencernaan mulai dari kerongkongan, lambung, usus kecil dan usu besar, serta termasuk kasus yang melibatkana gangguan pankreas, hati dan kantung empedu.

Informasi lebih lanjut, hubungi Hotline 150770.

Narasumber:

dr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Konsultan Gastroenterologi - Hepatologi
Mayapada Hospital Kuningan (MHKN)

Lihat jadwal praktik di sini

tags :

Bedah Digestif Gastrohepatology Center Gerd