Bahaya Konsumsi Gula Berlebih Bagi Anak

...

Anak-anak dan makanan yang berbahan dasar gula seperti, permen, coklat dan cup cakes sangat susah dipisahkan, padahal anak masih butuh banyak asupan nutrisi lainnya untuk membantu masa pertumbuhannya.

Sugar rush atau kebanyakan makan gula memiliki efek yang buruk bagi kesehatan anak-anak. Konsumsi gula yang tinggi pada anak-anak berisiko menyebabkan si kecil mengalami obesitas dan kurang gizi.

Pada tahun 2008, The Lancet menerbitkan sebuah penelitian tentang hubungan antara obesitas dan konsumsi gula. Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi banyak makanan dan minuman manis memiliki kemungkinan besar mengalami obesitas. Hal ini karena kadar gula darah mereka yang tinggi dan kalori yang dihasilkan gula tidak langsung digunakan oleh tubuh melainkan disimpan sehingga menjadi lemak.

Dan juga, makanan tinggi gula menyediakan kalori kosong. Kalori kosong tidak memiliki nilai gizi. Anak-anak yang mengonsumsi kalori kosong cenderung kehilangan nutrisi penting, seperti vitamin, mineral dan antioksidan yang disediakan oleh makanan. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan gizi.

Terlalu banyak makan gula memiliki efek yang buruk bagi kesehatan anak-anak.

So, pantau selalu makanan si kecil ya, Moms …

tags :