Batuk Saja Bisa Merupakan Gejala Kanker? Waspadai Beberapa Gejala Kanker Yang Terkadang Tidak Disadari Seperti…

...

Ketika datang rasa sakit dan beberapa keluhan lain, sering kali hanya tampak kecil dan tidak sehingga seringkali tidak dianggap serius. Tapi ternyata tubuh memang dirancang memiliki "alarm" untuk memberitahukan bahwa ada masalah pada kesehatan Kita.

Dalam sebuah survei terhadap 1729 orang dewasa di atas usia 50 di Inggris yang dipublikasikan di PLoS ONE, responden dievaluasi seberapa serius mereka merasakan 17 keluhan yang 10 gejala merupakan gejala kanker. Dimana merekapun tidak menyadarinya sama sekali.

Seperti Kita ketahui penyakit kanker adalah penyakit yang mengerikan dan ditakuti oleh banyak orang dan biasanya membutuhkan waktu sampai menjadi ganas. Bila sudah mengalami keganasan maka akan sulit diatasi, yang terbaik adalah dengan pencegahan atau penanganan sejak dini.

Agar membantu Anda menjadi lebih waspada terhadap kesehatan, dibawah ini akan diulas mengenai gejala yang bisa jadi merupakan tanda kanker.

Berikut adalah gejala kanker yang seringkali diabaikan kebanyakan orang:

  1. Benjolan

Apabila Anda memiliki benjolan pada tubuh Anda. Benjolan yang harus diwaspadai apabila benjolan tersebut memiliki batas tegas, semakin membesar, konsistensi yang agak keras. Apabila Anda menemukan benjolan seperti ini maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Bila perlu dokter akan melakukan biopsi untuk mengetahui apakah mengarah keganasan atau tidak.

  1. Batuk atau suara serak

Pada saat musim hujan atau perubahan cuaca yang sedang tidak menentu memang seringkali orang akan mudah mengalami flu dan batuk. Yang perlu Anda perhatikan adalah apabila batuk yang Anda rasakan sudah terlalu lama, tidak mudah sembuh. Kemudian diikuti dengan suara serak, batuk yang semakin keras bisa jadi ini menunjukkan adanya masalah pada laring, paru-paru, kanker tiroid atau limfoma.

  1. Perubahan kebiasaan buang air besar

Saat pola makan Anda tidak baik, memang bisa mempengaruhi pola buang air besar Anda. Tapi coba Anda perhatikan apabila Anda mengalami perubahan pola buang air besar dimana sering kali tiba-tiba menjadi jarang buang air besar atau justru mengalami diare. Kemudian diikuti dengan keluarnya darah dan penurunan berat badan yang signifikan. Bila ini terjadi bisa jadi merupakan tanda dari kanker usus besar. Yang tentunya memerlukan pemeriksaan lengkap untuk mendiagnosanya.

  1. Perubahan pola buang air kecil

Anda pria atau wanita, apabila  Anda melihat darah dalam urin Anda, terburu-buru ingin buang air kecil, terasa nyeri. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan kemungkinan kanker kandung kemih, ginjal, atau prostat.

  1. Nyeri yang sulit dijelaskan

Nyeri yang terus menerus dirasakan bisa jadai merupakan tanda bahwa ada masalah dengan tubuh Anda. Kanker yang memiliki keluhan nyeri yang terus menerus adalah kanker tulang dan kanker indung telur. The American Cancer Society mengatakan nyeri yang dirasakan terus menerus dan terasa menyebar bisa jadi merupakan tanda kanker. Oleh karena itu bila Anda merasakannya jangan ditahan, segera periksakan diri ke dokter.

  1. Nyeri tenggorokan yang lama

Saat kondisi cuaca tidak menentu, memang seringkali orang mengalami nyeri tenggorokan. Tapi bila nyeri tenggorokan yang dirasakan terlalu sering dan dirasa sangat mengganggu, kemudian diikuti dengan sulit atau sakit menelan, bau nafas tidak sedap dan memiliki kebiasaan merokok bisa jadi ini merupakan tanda kanker laring atau kanker tenggorokan.

  1. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

The American Cancer Society melaporkan bahwa penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan lebih dari 5 kg atau lebih bisa menjadi tanda pertama dari kanker. tanda peringatan ini terjadi  pada mereka dengan yang memiliki kanker pankreas, perut, paru-paru, atau kanker kerongkongan.

  1. Kesulitan menelan

Penyempitan tenggorokan bisa menjadi masalah sistem saraf atau kekebalan tubuh, atau bisa menjadi pertanda kondisi seperti kanker di kerongkongan, lambung, atau tenggorokan.

  1. Perdarahan

Batuk darah bisa menandakan kanker paru-paru; darah dalam tinja bisa menjadi tanda dari usus besar atau kanker rektum. Wanita yang mengalami perdarahan vagina yang tidak dapat dijelaskan harus diperiksa apakah mengalami kanker serviks atau endometrium. Adanya cairan  berdarah dari puting susu bisa menandakan kanker payudara, sementara darah dalam urin dapat berarti Anda memiliki kanker kandung kemih atau ginjal. Perdarahan yang tidak biasa dapat terus terjadi, apabila Anda mengalami hal ini maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Perubahan pada tahi lalat kulit

Perubahan pada  tahi lalat, bintik, atau kutil juga Seperti lebih dari satu warna, bentuknya tidak beraturan, semakin membesar, terasa gatal dan bisa berdarah. Bila Anda mengalami ini maka ada baiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Setiap adanya keluhan yang Anda rasakan, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan. Karena penyakit yang ditemukan sejak dini, akan lebih mudah untuk diatasi.

 

Sumber: www.dokter.id

 

tags :