Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Menyusui?

...

Tahukah Anda bahwa ternyata memberikan ASI tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan bayi Anda tetapi juga bagi berat badan Anda paska melahirkan?

Para peneliti menemukan adanya hubungan yang kuat antara menyusui dengan penurunan berat badan paska melahirkan. Saat Anda hamil, sistem biologis di dalam tubuh Anda akan meningkatkan laju metabolismenya untuk membentuk cadangan makanan (berat badan) yang bermanfaat bagi kesehatan Anda dan bayi di dalam kandungan Anda.

Setelah Anda melahirkan, maka sistem biologis yang sama akan membantu Anda menurunkan berat badan melalui menyusui. Menyusui dapat membakar sebanyak 300-500 kalori setiap harinya.

Mengapa menyusui dapat membantu menurunkan berat badan? ASI merupakan suatu campuran berbagai jenis zat yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menyediakan berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh seorang bayi untuk bertumbuh dengan sempurna. Akan tetapi, karena tubuh Anda tidak biasa membentuk campuran (ASI) ini, maka tubuh Anda pun harus bekerja lebih keras untuk memproduksi ASI sebanyak mungkin.

Selain itu, ASI juga mengandung cukup banyak kalori. Jadi bila Anda menyusui, maka Anda pun secara tidak langsung akan "menstransfer" kalori pada bayi Anda. Hal ini tentu saja akan membuat konsumsi kalori Anda menurun. Jadi bila Anda tidak mengkonsumsi lebih banyak makanan, maka berat badan Anda pun pasti akan mulai menurun.

Akan tetapi, bila Anda memang memiliki kecenderungan terhadap obesitas atau mengalami peningkatan berat badan lebih daripada yang dianjurkan oleh dokter selama hamil, maka menyusui mungkin tidak dapat membantu berat badan Anda kembali seperti semula (sebelum hamil).

 

Source : www.dokter.id

tags :