Berapa Banyak Vitamin C yang Harus Dikonsumsi Saat Hamil?

...

Saat hamil, sangat penting agar Anda mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral Anda untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang di dalam rahim Anda. Kekurangan berbagai vitamin dapat menyebabkan terjadinya gangguan perkembangan dan kelainan bawaan. Vitamin C, terutama sangat penting saat seorang wanita sedang hamil karena akan mempengaruhi ibu dan bayinya dalam banyak cara.

Berdasarkan sebuah penelitian, para ahli tidak menemukan adanya komplikasi pada wanita hamil yang mengkonsumsi banyak vitamin C atau vitamin C dosis tinggi. Para ahli bahkan menemukan bayi yang dilahirkan dari ibu yang mengkonsumsi banyak vitamin C justru merupakan bayi yang paling sehat di antara bayi lainnya.

 

Daya Tahan Tubuh

Untuk tetap sehat, daya tahan tubuh sang ibu harus dijaga agar tetap kuat sehingga dapat melawan berbagai infeksi dan penyakit yang mungkin terjadi. Memiliki kadar vitamin C yang lebih tinggi dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh ibu, yang tentu saja akan melindungi ibu dan bayinya dari infeksi bakteri dan virus.

 

Asma dan Vitamin C

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh the Departement of Environmental and Occupational Medicine di the University of Aberdeen menemukan bahwa kekurangan kadar vitamin C saat hamil dapat meningkatkan resiko terjadinya asma pada bayi.

 

Perbaikan Sel dan Jaringan

Vitamin C akan membantu produksi kolagen di dalam janin, yang berarti vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan kulit, tulang, jaringan ikat, dan tulang rawan.

 

Perkembangan Mental

Beberapa jenis antioksidan, termasuk vitamin C dapat mempengaruhi perkembangan mental janin. Jadi, jika Anda ingin melindungi bayi Anda dari berbagai gangguan mental, pastikan Anda mengkonsumsi cukup vitamin C saat hamil.

 

Keguguran

Seperti halnya berbagai suplemen lainnya, sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan berapa dosis vitamin C yang dikonsumsinya. Oleh karena itu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mulai mengkonsumsi suplemen apapun, termasuk suplemen vitamin C. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya keguguran atau kelahiran prematur.

 

Sindrom Fetal Alkohol

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009, para ahli menemukan bahwa vitamin C dapat mencegah terjadinya kerusakan pada embrio yang terpapar oleh alkohol di dalam rahim.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :