Berapa Lamakah Batas Waktu Aman Menahan Pipis?

...

Terkadang ada beberapa kondisi dimana mengharuskan Anda menahan buang air kecil, bisa karena sedang dalam perjalanan dan tidak menemukan toilet atau sedang menonton film favorit.

Beberapa ahli Urologi menjelaskan dampak menahan pipis terlalu lama dapat menyebabkan abnormalitas metabolik dan masalah elektrolit yang bisa mengarah pada gagal ginjal jika terus dilakukan dalam jangka panjang. Lalu berapa lamakah batas waktu aman menahan pipis?

Dr. Nazia Bandukwala D.O, seorang ahli urologi dari Piedmont Healthcare menjelaskan batas waktu aman menahan pipis.

"Biasanya saya merekomendasikan untuk mengosongkan urine setiap tiga jam sekali, tidak peduli apakah kamu sedang ingin pipis atau tidak, selebihnya, seseorang bisa berisiko terkena infeksi kandung kemih." Ungkap beliau.

"Mungkin sekali atau dua kali tidak menjadi masalah. Namun jika sering dan dalam jangka waktu yang lama, bisa menimbulkan masalah infeksi kandung kemih." Lanjutnya.

Mengingat betapa pentingnya fungsi dari buang air kecil, maka hal ini haruslah menjadi suatu kewajiban untuk dituntaskan, dan jangan pernah ditahan. Jangan pernah anda menahan untuk membuang air kecil dalam waktu yang sangat lama dan sering yaa …

tags :