Berbagai Cara Alami Untuk Mengatasi Nyeri Lutut

...

Saat nyeri lutut Anda kembali kambuh, salah satu jalan termudah mungkin adalah dengan mengkonsumsi obat anti nyeri. Akan tetapi, hal ini sebenarnya hanya dapat meringankan nyeri lutut Anda untuk sementara waktu. Bila Anda ingin menghilangkan keluhan mengganggu tersebut selamanya, ada cara yang lebih baik daripada pil anti nyeri. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa teknik yang dapat membantu mengatasi nyeri lutut Anda dengan aman dan efektif.

 

Ubah Rutinitas Harian Anda

Walaupun nyeri lutut seharusnya tidak membuat aktivitas harian Anda terganggu, akan tetapi mungkin ada baiknya bila Anda mulai mengubah regimen olahraga Anda. Gantilah olahraga jalan atau lari Anda dengan berenang atau bersepeda statis, yang akan mengurangi tekanan pada lutut Anda.

Bila Anda memilih sepeda statis, aturlah sepeda statis Anda sedemikian rupa sehingga lutut Anda terletak tepat di bawah pinggul Anda (intinya adalah hindari agar Anda tidak berada pada posisi menurun).

Selain itu, melakukan olahraga yoga juga tampaknya dapat membantu mengatasi nyeri lutut Anda, akan tetapi perhatikanlah pose-pose apa saja yang Anda lakukan.

 

Kuatkan Pinggul Anda

Pinggul memiliki peranan besar dalam bagaimana lutut menjalankan fungsinya. Oleh karena itu, meningkatkan kekuatan pinggul dan bokong Anda dapat membantu lutut Anda tetap berada di tempatnya dan mengurangi tekanan pada persendian Anda.

 

Terapi Kompresi

Gunakanlah peyangga lutut (dengan lubang di bagian depan) selama beraktivitas, terutama aktivitas yang dapat memicu terjadinya nyeri lutut. Tekanan pada persendian lutut dapat membantu mengurangi bengkak dan mengaktivasi otot-otot di sekitar lutut, yang akan menstabilkan persendian lutut. Selain itu, penggunaan penyangga lutut ini juga dapat membantu membatasi gerakan lutut Anda sehingga Anda pun tidak dapat melakukan berbagai gerakan yang akan membuat nyeri lutut Anda menjadi semakin parah.

 

Tidur Dengan Lebih Baik

Ternyata ada hubungan timbal balik antara nyeri lutut dan gangguan tidur. Seseorang yang menderita nyeri lutut biasanya sering terganggu dalam tidurnya karena nyeri yang dirasakan dan kurang tidur tampaknya akan membuat nyeri lutut menjadi semakin parah. Hal ini dikarenakan saat Anda kurang tidur, maka otak Anda pun akan memproses rasa nyeri dengan cara yang berbeda, yang akan membuat Anda menjadi lebih sensitif terhadap nyeri.

Para ahli menduga perubahan sensitivitas nyeri ini berhubungan dengan perubahan kadar zat kimia di dalam otak seperti dopamin dan serotonin. Untuk membantu tidur Anda lebih nyenyak di malam hari, konsumsilah segelas jus buah ceri 30 menit sebelum tidur. Jus ceri diketahui dapat membantu mengurangi rasa nyeri paska olahraga dan membantu meningkatkan produksi hormon tidur, melatonin.

 

Pijat

Pijat dapat membantu meningkatkan aliran darah dan membantu mengatasi radang. Caranya adalah berbaring dan angkatlah lutut Anda ke arah jantung Anda, kemudian letakkan ibu jari Anda pada satu sisi lutut dan jari lainnya pada sisi lain. Dengan gerakan ringan dan perlahan gerakan tangan Anda naik turun. Lakukanlah hal ini selama 5 menit, 2 kali sehari atau setiap kali Anda merasa lutut Anda membengkak.

 

Kunyit

Kunyit ternyata tidak hanya berguna sebagai bumbu masak tetapi juga dapat membantu mengurangi proses radang di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsui 1.400 mg ekstrak curcuma (bahan aktif di dalam kunyit) setiap harinya, maka rasa nyeri akibat radang sendi pun dapat diatasi (efek ini hampir sama dengan mengkonsumsi 1.200 mg ibuprofen atau 6 pil ibuprofen, dosis maksimum harian ibuprofen).

Sumber: www.dokter.id

 

tags :