Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga

...

Kotoran telinga merupakan salah satu jenis cairan tubuh yang biasanya tidak terlalu diperhatikan oleh banyak orang. Saat ini banyak orang membersihkan kotoran telinganya dengan menggunakan cotton bud (kapas). Akan tetapi, tahukah Anda bahwa hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan telinga Anda?


Kotoran telinga merupakan kombinasi antara serumen (suatu zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak tubuh Anda untuk menjaga kelembaban kulit di dalam telinga) dan sel-sel kulit mati yang dihasilkan oleh liang telinga setiap orang.
Tahukah Anda bahwa telinga manusia telah diciptakan untuk dapat membersihkan dirinya sendiri? Telinga dibentuk sedemikian rupa sehingga ia dapat membersihkan dirinya sendiri dengan mendorong kotoran telinga keluar dari dalam liang telinga dengan sendirinya.


Jadi, saat Anda mengorek telinga Anda dengan menggunakan cotton bud, maka hal ini dapat mengganggu proses pengeluaran kotoran telinga secara alami dan membuat telinga Anda menghasilkan lebih banyak kotoran telinga.
Selain itu, seiring dengan berlalunya waktu, mengorek telinga justru dapat mendorong kotoran telinga masuk ke dalam liang telinga dan menyumbat liang telinga Anda, yang membuat Anda membutuhkan pertolongan tenaga medis (dokter spesialis THT) untuk mengeluarkannya.


cara terbaik untuk membersihkan liang telinga Anda dan mengeluarkan kotoran telinga Anda? Anda dapat menggunakan hidrogen peroksida. Teteskanlah 1-2 tetes hidrogen peroksida ke dalam liang telinga Anda dan diamkan selama 10 menit sebelum membersihkannya dengan air. Peroksida akan membuat kotoran telinga menjadi lebih cair dan dapat ikut keluar saat Anda mandi. Lakukanlah hal ini 1 kali setiap bulannya.


Akan tetapi, bila gendang telinga Anda pernah robek sebelumnya atau pernah menjalani tindakan pembedahan telinga, maka dianjurkan agar Anda tidak melakukan hal di atas. Hal ini dikarenakan hidrogen peroksida dapat masuk ke telinga bagian dalam dan menyebabkan terjadinya infeksi atau membuat Anda merasa pusing. Anda dapat menggunakan kain basah untuk membersihkan telinga bagian luar.


Jika telinga Anda memang memproduksi lebih banyak kotoran telinga daripada orang lain pada umumnya, maka dianjurkan agar Anda mengunjungi dokter spesialis THT setiap 6 bulan atau 1 tahun untuk membantu Anda membersihkan kotoran telinga Anda tersebut.


Sumber: Dokter.ID

tags :