Deteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin Dengan Melakukan Hal Ini…

...

Tahukah Anda bahwa kanker payudara ternyata tidak hanya menyerang para wanita yang berusia paruh baya, tetapi juga dapat mengenai wanita berusia 20 tahun an? Karena keberhasilan pengobatan kanker sangat tergantung pada stadium kanker, maka diagnosa dini sangatlah penting. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu dokter menemukan sel kanker sedini mungkin.

 

SELALU Perhatikan Payudara Anda

Kanker payudara merupakan penyebab kematian akibat kanker nomor satu pada wanita muda yang berusia antara 15-34 tahun. Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai berbagai jenis pemeriksaan payudara apa saja yang sebaiknya Anda lakukan. Bila Anda ingin mencoba melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), tanyakanlah pada dokter Anda bagaimana cara melakukannya dengan benar. Jika Anda mengetahui bagaimana keadaan payudara Anda yang biasanya, maka Anda pun akan segera mengetahui bila ada yang berubah pada payudara Anda.

 

Jangan Mudah Menyerah

Jika Anda merasa ada sesuatu yang berbeda dengan payudara Anda tetapi dokter Anda mengatakan bahwa tidak ada yang perlu Anda khawatirkan karena Anda masih terlalu muda untuk menderita kanker payudara, maka Anda mungkin harus mempertahankan pendapat Anda. Karena sekarang ini banyak wanita muda yang telah menderita kanker payudara.

 

Cari Pendapat Lain

Jangan langsung percaya apa yang dokter Anda katakan. Anda dapat meminta pendapat pada beberapa dokter lain untuk memastikan diagnosa Anda. hal ini dikarenakan Anda biasanya masih mempunyai cukup waktu (karena kanker payudara agak berbeda dengan jenis kanker lainnya yang membutuhkan pengobatan segera). Carilah dokter yang membuat Anda merasa nyaman dan mengetahui berbagai pengobatan baru.

 

Cari Tahu Tentang Penyakit Anda

Jika Anda telah didiagnosa menderita kanker payudara, maka cari tahu mengenai penyakit Anda tersebut, baik mengenai stadium dan apa hubungannya dengan pengobatan yang dapat Anda lakukan.

 

Sumber: dokter.id

tags :

Kanker Payudara