Gampang Keguguran??? Mungkin Ini Penyebabnya!

...

Menyedihkan memang, tetapi keguguran dapat terjadi pada siapa saja. Menurut the National Institue of Health, sekitar 15-20% wanita hamil mengalami keguguran.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa resiko terjadinya keguguran akan lebih tinggi pada wanita yang menderita endometriosis. Endometriosis sendiri sebenarnya merupakan suatu kondisi yang umum ditemukan pada wanita dan disebabkan oleh pertumbuhan dinding rahim di luar rahim.

Resiko keguguran meningkat hingga 76% bila seorang wanita menderita endometriosis. Selain dapat meningkatkan resiko keguguran, endometriosis juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kehamilan ektopik, yaitu hingga 3 kali lipat. Kehamilan ektopik merupakan suatu keadaan di mana janin berkembang di luar rahim, biasanya di saluran telur.

Selain itu, wanita yang menderita endometriosis juga biasanya lebih sulit hamil dibandingkan dengan wanita lain yang tidak menderita endometriosis. Hal ini dikarenakan endometriosis dapat menyebabkan berbagai perubahan pada rahim dan saluran telur serta menyebabkan pembentukan jaringan parut, yang berujung pada berbagai gangguan kehamilan.

 

Walaupun demikian, seorang wanita yang menderita endometriosis pun tetap dapat hamil dan memiliki bayi yang sehat. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat membantu menurunkan resiko terjadinya keguguran dan kehamilan ektopik bila Anda menderita endometriosis dan sedang berusaha untuk hamil.

 

Beritahu Dokter Anda

Jika dokter Anda tidak mengetahui bahwa Anda menderita endometriosis, pastikan Anda segera memberitahunya. Hal ini sangat penting karena dapat membantu Anda memperoleh penanganan segera bila komplikasi terjadi saat Anda hamil.

 

Periksa Saluran Telur Anda

Jika Anda menderita endometriosis, ada baiknya bila Anda meminta dokter Anda untuk memeriksa keadaan saluran telur Anda sebelum mencoba untuk hamil. Jika saluran telur Anda terhalang oleh jaringan parut atau jaringan endometriosis, maka Anda pun akan menjadi lebih sulit hamil.

 

Jaga Kesehatan Anda

Sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan Anda, terutama karena Anda memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami keguguran. Konsumsilah makanan yang sehat dan istirahatlah yang cukup.

 

Jangan Mengkonsusmi Obat-obatan

Banyak wanita yang menderita endometriosis harus mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan untuk mengatasi gejala yang timbul. Beberapa obat-obatan yang sering dikonsumsi adalah pil KB (yang tentu saja akan membuat seorang wanita lebih sulit hamil) dan obat anti radang. Kedua obat ini harus berhenti Anda konsumsi saat hamil untuk menurunkan resiko terjadinya keguguran.

 

Sumber: www.dokter.id

 

tags :