Hiii Seram!!! 6 Makanan Enak Ini Pemicu Batu Ginjal

...

Ginjal merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh Anda. Ginjal memiliki banyak fungsi salah satunya adalah menyaring zat sisa dan limbah, racun atau toksin. Apabila ginjal seseorang tidak bekerja dengan baik, maka orang tersebut bisa meninggal karena tubuhnya teracuni oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh manusia itu sendiri.

Ada beberapa hal yang merusak fungsi ginjal, salah satunya adalah batu ginjal. Batu ginjal merupakan kondisi dimana terbentuknya material keras yang menyerupai batu didalam ginjal. Material tersebut berupa zat-zat limbah didalam darah yang dipisahkan oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengeras sperti kristal atau batu seiring berjalannya waktu.

Untuk menjaga ginjal tetap sehat, maka Anda harus menghindari tubuh membentuk batu ginjal yang bisa merusak kesehatan ginja;.

Tanpa Anda sadari ada beberapa makanan enak yang sering Anda konsumsi sehari-hari justru memicu pembentukan batu ginjal. Makanan apa sajakah itu?

Berikut 6 makanan enak pemicu batu ginjal:

  1. Daging merah

Daging merah memang merupakan salah satu makanan enak yang mengundang selera, apalagi bila dimasak oleh orang yang mumpuni. Padahal daging merah merupakan makanan yang memicu timbulnya batu ginjal, daging merah juga dapat menyebabkan tekananan darah tinggi, stroke hingga serangan  jantung.

Terlalu banyak konsumsi daging merah menyebabkan peningkatan asam urat yang akan memicu terbentuknya batu ginjal.

  1. Garam

Garam memang bumbu masakan yang akan membuat masakan menjadi lebih nikmat. Hampir semua masakan enak mengandung garam tinggi. Namun meski rasanya yang enak dapat berakibat buruk pada ginjal kita. Garam mengandung sodium yang dapat menimbulkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan yang pastinya penyakit ginjal.

  1. Alkohol

Alkohol memang berefek buruk pada kesehatan. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menjadi pemicu timbulnya batu ginjal dan dapat merusak hati. Selain itu dapat menyebabkan obesitas, tekanan darah tinggi, stroke hingga serangan jantung.

  1. Sarden

Terlalu banyaknya mengonsumsi sarden kemasan akan mengakibatkan timbulnya penyakit batu ginjal. Karena kandungan purin yang sangat tinggi atau zat aroma buatan tinggi memicu kadar asam urat tinggi dan akhirnya membentuk batu ginjal.

  1. Kafein

Minum kopi di pagi hari memang nikmat rasanya. Namun sekarang Anda harus waspada karena tenyata kafein dapat menyebabkan munculnya batu ginjal. Kafein yang terdapat pada kopi mampu meningkatkan sekresi kalsium dalam urin yang membuka kesempatan terbentuknya batu ginjal.

Selain itu kafein juga merangsang tubuh untuk mengeluarkan urin sehingga menyebabkan terjadinya dehidrasi dan memperbesar kemungkinan terbentuknya batu ginjal,

  1. Minuman bersoda

Minuman yang satu ini memang enak diminum, terutama saat siang hari, panas dan sedang lelah. Namun minuman bersoda biasanya mengandung asam fosfat pembentuk batu ginjal, sehingga meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis

Makanan dan minuman yang disebutkan memang enak, namun bila nantinya merusak tubuh Anda untuk apa? Jadi kurangi makanan dan minuman pemicu batu ginjal. Terapkan hidup sehat mulai sekarang

 

Sumber: www.dokter.id

tags :