Ini Dia Hal Tak Terduga yang Membuat Anda Sulit Hamil!!!

...

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa kamar tidur yang terang ternyata dapat menghambat usaha Anda untuk memiliki momongan lho!

Penelitian ini menemukan bahwa adanya cahaya di kamar tidur saat malam hari, baik yang berasal dari luar (misalnya lampu jalanan) atau dari layar komputer ternyata dapat mengganggu kesuburan seorang wanita. Hal ini terutama terjadi pada para wanita paruh baya.

Oleh karena itu, para peneliti menganjurkan agar para wanita yang sedang berusaha untuk memiliki momongan untuk memperbaiki pola tidurnya, yaitu tidur cukup dan nyenyak serta pastikan semua lampu di dalam kamar tidur dimatikan di malam hari dan makan dengan teratur.

Walaupun anjuran ini terdengar agak aneh, akan tetapi 1 dari 7 pasangan suami istri mengalami kesulitan memiliki momongan, dan pada banyak kasus, penyebabnya tidak diketahui.

Selain itu, gangguan pada "jam tubuh" seseorang karena lampu ternyata dapat sangat mengganggu kesehatan orang tersebut secara keseluruhan. Para ahli menduga bahwa terjadinya kanker, diabetes, depresi, dan obesitas mungkin berhubungan dengan kebiasaan seseorang menyalakan lampu saat tidur di malam hari.

Pada beberapa penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Jepang, para peneliti menemukan bahwa gangguan pada "jam tubuh" hewan percobaan (tikus) dapat mempengaruhi kesuburan mereka. Akan tetapi, gangguan ini hanya dialami oleh para tikus yang telah berusia cukup tua (paruh baya) dan tidak ditemukan pada tikus muda.

Para peneliti menemukan bahwa gangguan ini ternyata bersifat reversible, caranya adalah dengan membiasakan tikus percobaan tidur pada waktu yang sama setiap hari (teratur), yang sesuai dengan "jam tubuhnya". 

Walaupun penelitian hanya dilakukan pada hewan percobaan, tetapi tetap tidak menutup kemungkinan bahwa gangguan pada waktu tidur seorang wanita juga dapat mempengaruhi kesuburannya.

Oleh karena itu, dianjurkan agar para wanita mengurangi paparan terhadap cahaya terang di malam hari, makan dengan lebih teratur, menghindari waktu kerja di malam hari (kerja dengan sistem shift) atau pekerjaan yang sering mengganggu waktu tidurnya.

 

Sumber: dailymail

tags :