Kerja Lebih Sering Duduk Bikin Makin Gemuk? Cegah Dengan Menjadikan 7 Hal Ini Sebagai Kebiasaan Rutin Anda

...

Anda menghabiskan sekitar seperempat bahkan setengah waktu dari kehidupan Anda setiap harinya di tempat kerja. Hal itu berarti Anda menghabiskan waktu ribuan jam dengan berduduk. Keadaan ini merupakan gaya hidup yang tidak baik untuk perut Anda. Bahkan, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa duduk untuk waktu yang lama, meski Anda berolahraga dengan rutin tetap akan meningkatkan risiko kematian dini sekitar 10 persen.  

Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di kantor untuk membalikkan kondisi tersebut dan menurunkan berat badan pada waktu yang sama. Ikuti kiat dibawah ini, maka Anda bisa mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

  1. Jangan pernah membangkitkan semangat dengan minum soda diet

Saat Anda mulai merasa lelah di sore hari maka Anda tergoda untuk minum soda diet yang dapat meningkatkan semangat Anda kembali. Jangan pernah lakukan ini! Menurut sebuah studi dari University of Texas Health Science Center menemukan bahwa orang dewasa yang minum soda mengalami peningkatan sekitar 70 persen dalam memperbesar lingkaran perut bila dibandingkan dengan bukan peminum soda diet. Selain itu, kandungan aspartam atau si gula buatan bisa meningkatkan perubahan gula darah menjadi lemak.

  1. Banyak minum air putih

Minumlah air putih bukan hanya saat Anda haus, namun juga saat Anda lapar. Sebuah studi dalam jurnal Physiology & Behavior menunjukkan sekitar 60% orang yang merasakan haus namun menanggapinya dengan makan bukan minum. Bahkan jika Anda tidak merasa haus, namun membiasakan diri untuk meminum air maka Anda akan memangkas ratusan kalori dari asupan harian Anda.

Dan jika air putih terdengar membosankan, Anda dapat menambahkan beberapa buah-buah segar dan membuat infused water. Anda dapat menggunakan buah jeruk, stroberi dan buah-buahan lain yang berair.

Cara ini akan meningkatkan kesehatan. Selain itu, konsumsi air putih akan membantu menjaga proses metabolisme dalam tubuh Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Endocrinology Clinical and Metabolism, minum setengah liter air meningkatkan proses metabolisme sebesar 30 persen. Tambahkan ekstra 1.5 liter air minum Anda maka Anda bisa membakar 17.400 kalori per tahun!

  1. Naik tangga

Hal ini adalah suatu hal yang berat, namun Anda akan terkejut manfaat apa saja yang Anda dapatkan dengan melakukan hal ini secara rutin. Dengan menggunakan tangga bukan lift, maka Anda akan membakar 2x kalori lebih banyak dibanding berjalan. Menurut University of New Mexico Health Sciences Center, seseorang yang memiliki berat badan 75 kg dapat menurunkan berat badan  bisa menurunkan berat badan sekitar 3 kg per tahun hanya dengan memanjat dua anak tangga dalam sehari. Lipat gandakan sebanyak 6 kali maka Anda dapat menurunkan berat badan hingga 18 kg dalam setahun tanpa harus ke tempat gym.

  1. Mengganti kebiasaan minum kopi dengan teh hijau

Kopi mungkin memberikan sentakan kafein di pagi hari, tapi teh hijau dapat menyediakan energi yang lebih banyak dan kualitas pembakaran lemak yang lebih baik. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan teh termasuk teh hijau mengandung katekin yang meningkatkan oksidasi lemak. Kemudian peneliti Taiwan menemukan bahwa 1.100 orang yang mereka pelajari selama 10 tahun yang minum teh hijau memiliki lemak tubuh 20 persen lebih sedikit daripada orang lain yang tidak meminumnya. Teh begitu kuat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan seluruh tubuh.

  1. Bawa makan siang Anda sendiri

Berapa banyak kalori dalam bahwa makanan cepat saji yang Anda makan saat makan siang?? Coba pikirkan. Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam BMJ menemukan bahwa rata-rata kalori makanan yang Anda makan oleh orang dewasa sekitar 836 kalori, selain itu dikatakan bahwa orang dewasa sering meremehkan makanan yang mengandung jumlah kalori sekitar 175 per makanan. Hal ini dapat meningkatkan berat badan.

 

 

Sebaliknya, menghabiskan bagian dari akhir pekan makan-prepping Anda untuk minggu depan. Memilih untuk bahkan makan 500 kalori saat istirahat makan siang Anda dapat menghemat lebih dari 300 kalori selama rata-rata ambil-dan-go makan-perbedaan 1.500 kalori untuk pekan kerja lima hari. Bekerja rata-rata 50 minggu setahun dan itu 75.000 lebih sedikit kalori yang dikonsumsi, atau sekitar 21,5 pound per tahun!

Dibandingkan Anda makan makanan cepat saji yang memiliki kalori berlebihan, lebih baik Anda makan makanan yang Anda buat sendiri yang mengandung 500 kalori. Hal ini berarti Anda akan mengurangi masuknya kalori sebesar 300 kalori dalam sehari, 1500 kalori dalam seminggu. 75.000 kalori dalam setahun dan dapat membantu menurunkan berat badan 11 kg dalam setahun.

  1. Carilah Seseorang yang ingin sehat juga

Agar Anda bisa menjadi lebih sehat, maka yang paling penting adalah mencari teman yang juga ingin sehat. Sehingga Anda dan teman Anda bisa bersama-sama melakukan pola hidup yang sehat. Karena menurut studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa orang cenderung untuk menyesuaikan diri dengan orang sekitar termasuk makan.

  1. Jalan 2 menit setiap jamnya

Saat bekerja sangat jarang orang jalan lebih dari 20 detik. Sebuah penelitian terbaru di Journal Clinical of American Society of Nephrology menemukan bahwa dua menit berjalan setiap jam dapat mengimbangi efek dari terlalu banyak duduk.

Jadi bila Anda ingin berat badan Anda tetap ideal, lakukanlah hal diatas. Lakukan dengan rutin dan jadikan hal diatas sebagai kebiasaan Anda.

 

Sumber: www.dokter.id

 

tags :