Luar Biasa, Testosteron Si Hormon Pria Memiliki Banyak Dampak Kesehatan Untuk Tubuh.

...

Testosteron adalah hormon yang berhubungan dengan reproduksi, hormon ini terdapat pada pria maupun wanita, namun jumlahnya jauh lebih banyak pada pria.

Sehingga seringkali testosteron disebut dengan hormon pria, hormon ini berfungsi sebagai tumbuh kembangnya perkembangan fisik sekaligus fungsi seksual pada pria. Bukan hanya itu ternyata hormon ini juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh seorang pria.

Apa saja pengaruh hormon ini untuk kesehatan bila kadarnya rendah? Berikut ulasannya:

Kencing manis

Seorang pria yang memiliki kadar testosteron rendah lebih mungkin untuk mengalami penyakit kencing manis. Testosteron membantu jaringan tubuh menggunakan lebih banyak gula darah sehingga gula darah yang beredar di dalam tubuh dapat digunakan setiap organ yang membutuhkannya. Biasanya pria yang memiliki kadar testosteron rendah lebih sering memiliki resistensi insulin. Hal ini berarti insulin dalam tubuh yang bekerja untuk mengatur gula darah tidak dapat bekerja optimal. Sehingga terjadilah penumpukan kadar gula darah yang disebut dengan kencing manis.

Obesitas

Pria yang memiliki kadar testosteron yang sangat rendah juga lebih cenderung menjadi gemuk. Karena hormon testosteron bekerja membantu membentuk massa otot dan distribusi lemak. Sel-sel lemak memetabolisme testosteron ke estrogen. Kadar testosteron yang rendah akan menyebabkan penumpukan sel lemak dan membuat pria tersebut menjadi mudah gemuk.

Sindrom metabolik

Sindrom metabolik merupakan suatu kondisi yang meliputi peningkatan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, perut buncit dan gula darah tinggi. Sindrom metabolik meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Menurut sebuah penelitian dikatakan bahwa kadar testosteron dapat meningkatkan risiko terjadinya sindrom metabolik.

Penyakit Jantung

Kekurangan hormon testosteron berhubungan dengan resistensi insulin, obesitas, dan kencing manis. Semua masalah ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Seorang pria yang memiliki penyakit kencing manis dan memiliki kadar testosteron yang rendah memiliki risiko pengerasan pembuluh darah yang lebih tinggi. 

Kadar hormon testosteron yang rendah akan memiliki dampak buruk untuk kesehatan, oleh karena itu usahakan untuk terus melakukan pola hidup yang sehat dan berolahraga teratur untuk menjaga kadar hormon pria ini...

 

Sumber: www.dokter.id

 

tags :