Makan Pedas Bikin Bokong Perih? Coba Tips Ini!

...

Bagi Anda yang menyukai makanan pedas keluhan yang satu ini mungkin terdengar tidak asing, bokong (dubur) terasa perih setelah buang air besar. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan komponen yang membuat makanan tersebut terasa pedas akan keluar dari dalam tubuh (tidak diserap oleh tubuh karena bukan termasuk nutrisi).

Hal ini berarti bahwa tinja atau kotoran Anda akan mengandung berbagai komponen pedas, yang akan membuat dubur Anda juga terasa seperti terbakar atau perih saat tinja tersebut dikeluarkan.

Walaupun keluhan ini dapat terjadi pada siapa saja, akan tetapi orang yang menderita irritable bowel syndrome, wasir, dan gangguan pencernaan lainnya memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami rasa tidak mengenakkan tersebut.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh lagi menikmati berbagai makanan pedas yang sangat lezat tersebut. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi atau mengurangi rasa perih pada bokong setelah mengkonsumsi makanan pedas.

 

Atur Menu Makanan Anda

Batasilah konsumsi makanan pedas dan berlemak. Hal ini dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak akan membuat cairan empedu yang dikeluarkan lebih banyak. Cairan empedu dapat mengiritasi kulit di sekitar dubur Anda.

Bila Anda tetap ingin mengkonsumsi makanan pedas, konsumsilah suplemen serat yang mengandung psyllium sebelum atau segera setelah Anda makan.

 

Bersihkan Bokong Anda

Jika bokong Anda sering terasa perih atau gatal setelah Anda mengkonsumsi makanan pedas, maka pastikan bokong Anda selalu bersih dan kering. Bersihkanlah dubur Anda dengan air hangat dan sabun. Setelah itu, oleskanlah salep yang mengandung calamine pada dubur Anda karena calamine dapat membantu mengurangi rasa gatal atau rasa seperti terbakar yang Anda rasakan.

Satu hal yang perlu diingat adalah bila rasa perih ini terus berlangsung, maka segera periksakan diri Anda ke seorang dokter. Hal ini dikarenakan rasa nyeri tersebut dapat merupakan gejala dari gangguan kesehatan lain yang lebih serius seperti infeksi, robekan, abses, atau bahkan kanker.

 

Makan Cabai Selama 3 Minggu Berturut-turut

Bagi Anda yang tidak dapat hidup tanpa sambal, tidak perduli gangguan kesehatan apa yang ditimbulkannya, cobalah untuk mengkonsumsi makanan pedas atau cabai selama 3 minggu berturut-turut.

Hal ini dikarenakan jika Anda hanya sesekali mengkonsumsi cabai atau makanan pedas, maka hal ini akan memicu timbulnya reaksi hipersensitivitas pada dubur, yang menimbulkan rasa perih pada dubur dan diare.

Akan tetapi, bila Anda terus mengkonsumsi makanan pedas selama lebih dari 3 minggu, maka hal ini akan memicu terjadinya desensitisasi, sehingga dubur Anda pun tidak akan terasa perih lagi.

Sumber: www.dokter.id

tags :