Makanan Pelindung Jantung

...

Sepanjang waktu tentu saja Anda pernah mengkonsumsi berbagai makanan baik itu buah-buahan, sayuran, daging bahkan makanan cepat saji. Mulai sekarang batasi konsumsi makanan cepat saji karena banyak efek negatif dalam jangka panjang jika terlalu sering mengkonsumsi jenis makanan ini.  Dengan memanfaatkan makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran Anda bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat. Bahkan makanan tertentu dapat melindungi organ-organ tertentu dalam tubuh jika dikonsumsi.  Bagi penderita penyakit jantung makanan seperti kentang goreng, burger dan juga jenis makanan tinggi lemak lainnya harus dihindari karena makanan tersebut bisa memicu penyakit jantung jika dikonsumsi secara tidak terkontrol.

Namun, berbeda halnya beberapa makanan dibawah ini yang memiliki manfaat sebagai pelindung kesehatan jantung Anda. Seperti berikut ini :

  1.        Hazelnut

Di dunia, kacang terdiri dari banyak sekali jenisnya dan tentu saja kacang-kacang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Hazelnut merupakan salah satu kacang yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan dalam hazelnut adalah oleic acid dan juga lemak omega 9 yang memiliki manfaat sebagai penurun tekanan darah, mencegah stroke hingga melindungi Anda dari serangan penyakit jantung.

  1.       Buah Semangka

Studi Florida State University telah mengungkapkan bahwa makan semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kondisi jantung yang mendukung stabilitas. Senyawa alami semangka bertindak "melebarkan" pembuluh darah, sehingga jantung tidak harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. WHO Food juga mendukung temuan ini. Semangka tidak hanya sebagai sumber vitamin C dan vitamin A yang baik, tetapi juga mengandung antioksidan dan likopen yang bertindak untuk menetralisir radikal bebas, dan mengoksidasi kolesterol.

  1.       Kacang Merah

Kacang merah memiliki kandungan nutrisi yang mampu menyehatkan jantung. Kandungan omega-3 tinggi yang terkandung dalam kacang merah dapat mengurangi kadar kolesterol buruk dalam tubuh, dapat membantu dalam membersihkan arteri, mengontrol detak jantung tubuh dan juga dapat menurunkan tekanan darah.  Ada penelitian baru yang mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi kacang merah dalam jumlah tertentu dapat menurunkan resiko dari penyakit jantung sebesar 22%.

  1.       Ikan Salmon

Jenis ikan yang kaya asam lemak omega 3 yang terbukti membantu mencegah penyakit jantung. Asupan daging salmon juga membantu mencegah penumpukan plak di dinding arteri yang jahat mempengaruhi kesehatan jantung.

Daftar makanan diatas hanya sebagian kecil saja dari makanan yang dapat memberikan efek pelindung jantung, dengan mengkonsumsi makanan diatas bisa saja menurunkan resiko penyakit jantung seperti stroke atau serangan jantung.

 

tags :