Mengapa Orang Selalu Dingin atau Kepanasan

...

Bingung mengapa setiap orang memiliki ketahanan yang berbeda-beda terhadap suhu dingin? Apakah hal ini merupakan pertanda adanya suatu gangguan kesehatan tertentu ataukah ada hal lain yang menyebabkannya?
Hipotalamus merupakan bagian otak yang berfungsi untuk memproduksi berbagai jenis hormon yang digunakan untuk mengatur suhu tubuh. Hipotalamus akan berusaha untuk menjaga agar suhu tubuh seseorang tetap berada pada suhu 37 derajat celcius, sedangkan reseptornya yang ada pada permukaan kulit (biasanya di dekat batang tubuh Anda) akan membantu Anda mendeteksi suhu ruangan Anda.


Selain hipotalamus, ada hal lain yang juga mempengaruhi ketahanan tubuh Anda terhadap perubahan suhu lingkungan di sekitar Anda. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang seringkali membuat Anda merasa kepanasan atau justru kedinginan, selain dari jumlah lemak tubuh tentunya.

Kadar Stress Anda
Saat Anda merasa stress, maka sistem saraf autonom Anda akan bekerja, yang akan membuat darah mengalir ke organ dalam tubuh Anda, sehingga suhu tubuh Anda pun akan meningkat. Mekanisme ini merupakan bagian dari respon "fight" atau "flight". Akan tetapi, tangan Anda mungkin akan terasa dingin, karena darah Anda mengalir ke batang tubuh Anda dan "meninggalkan" anggota gerak (tangan dan kaki).

Jenis Kelamin
Pernah bertanya-tanya mengapa tubuh pasangan Anda selalu lebih hangat daripada Anda? Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan besar antara suhu tubuh pria dan wanita, akan tetapi para peneliti menemukan bahwa wanita biasanya lebih sensitif terhadap suhu lingkungan sekitarnya.
Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan walaupun seorang wanita biasanya memiliki postur tubuh yang lebih kecil daripada pria, akan tetapi bagian tubuh mereka biasanya lebih banyak yang terpapar oleh suhu lingkungan sekitarnya.

Pikiran Anda
Selain kedua hal di atas, pikiran Anda tampaknya juga turut mempengaruhi "ketahanan" Anda terhadap suhu lingkungan di sekitar Anda. Jadi, faktor psikologis tampaknya juga turut berperan dalam menentukan suhu tubuh seseorang.

Sumber: www.dokter.id

tags :