Menjadi Orang Tua Bahaya Bagi Kesehatan Anda, Masa Sih???

...

Tahukah Anda bahwa mengurus anak, keluarga, dan bekerja ternyata tidak hanya membuat para wanita merasa stress dan lelah tetapi juga dapat membuat usia mereka menjadi lebih pendek? Hal inilah yang mendorong para peneliti di Harvard University untuk mencari tahu apa sebenarnya hubungan antara peran ganda tersebut dengan banyaknya wanita yang meninggal sebelum berusia 75 tahun.

Pada penelitian ini, para peneliti menganalisis data riwayat pekerjaan, pernikahan, dan mengasuh anak dari sekitar 7.500 orang wanita di Amerika. Mereka kemudian menemukan bahwa resiko seorang wanita untuk meninggal di antara usia 55-75 tahun sangat bervariasi, tergantung pada riwayat pekerjaan, pernikahan, dan mengasuh anak.

Wanita yang telah menikah dan memutuskan untuk kembali bekerja setelah merawat anaknya memiliki resiko kematian dini yang paling rendah, yaitu hanya sekitar 5%. Sementara itu, para ibu tunggal yang tidak pernah bekerja justru memiliki resiko kematian dini tertinggi, yaitu sekitar 12%. Resiko kematian dini pada wanita yang telah menikah tetapi tidak bekerja adalah kurang dari 7%, sedangkan bagi ibu tunggal yang bekerja, resiko kematian dini adalah sekitar 8%.

Akan tetapi, para peneliti tidak menganalisis hubungan antara kematian dini pada wanita dengan berapa lama seorang wanita bekerja atau apakah mereka puas dengan kehidupannya di rumah. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang hidup paling lama merupakan para wanita yang memiliki paling banyak dukungan dari keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Sumber: www.dokter.id

tags :