Ngegym Saja Ternyata Tidak Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

...

Sebagian besar orang yang memutuskan untuk berolahraga di tempat fitness berharap agar mereka mengalami penurunan berat badan. Akan tetapi, para ahli menemukan bahwa berolahraga saja ternyata tidak cukup untuk menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan dengan berolahraga lebih banyak, nafsu makan seseorang pun akan meningkat sehingga mereka pun akan makan lebih banyak daripada biasanya sehingga berat badan pun meningkat. Oleh karena itu, mengendalikan jumlah kalori yang Anda konsumsi, dengan atau tanpa peningkatan aktivitas fisik, merupakan kunci untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

Memang benar bahwa aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan seseorang secara keseluruhan dan penting untuk membangun stamina. Akan tetapi, ada juga bukti lain yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik justru dapat menyebabkan terjadinya obesitas.

Sayangnya, hanya ada satu cara efektif untuk menurunkan berat badan, yaitu makan lebih sedikit kalori! Berbagai penelitian telah menemukan bahwa penurunan berat badan yang diperoleh dari berolahraga dan berdiet ternyata hampir sama dengan penurunan berat badan yang diperoleh dari diet saja.

 

Sayangnya, banyak orang mengira bahwa karena mereka telah berolahraga, maka mereka dapat membiarkan diri mereka makan sedikit lebih banyak. Jadi, berolahraga memang dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap stabil, tetapi tidak dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Selain itu, berolahraga membakar kalori yang lebih sedikit daripada yang Anda kira. Setengah kilogram lemak sama dengan 3.500 kalori dan karena metabolisme lemak agak sulit, maka untuk membakar 0.5 kg lemak ini, Anda harus berlari sejauh 61 km. Hal ini dikarenakan saat Anda berlari 1.6 km, maka Anda baru membakar sekitar 100 kalori.

Saat Anda memakan kue muffin (mengandung sekitar 500 kalori) dan meminum kopi susu (mengandung sekitar 150 kalori), maka Anda harus berlari sejauh 10 km atau berjalan kaki sejauh 21 km. Inilah yang menyebabkan mengapa seseorang tidak akan pernah mengalami penurunan berat badan hanya dengan berolahraga saja.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :