Nyeri Sendi Akibat Asam Urat Sangat Menyiksa!!! Ini Cara Mengatasinya

...

Penumpukan asam urat yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada sendi. Asam urat yang bentuknya seperti kristal akan menancap pada sendi-sendi yang dilaluinya. Oleh karena itu akan menimbulkan rasa sakit yang menyebalkan. Selain rasa nyeri biasanya akan menimbulkan keluhan lain seperti persendian membengkak, meradang, panas dan kaku.Nyeri sendi yang sering diserang adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku.

Penyakit ini disebut dengan gout arthritis, penyakit ini bisa menyerang berbagai kalangan termasuk pria dan wanita. Kebanyakan orang tidak menyadari hal ini sampai nantinya ada keluhan yang cukup mengganggu.

Sebenarnya asam urat dihasilkan di dalam tubuh kemudian dibawa di dalam aliran darah dan melewati ginjal. Asam urat ini dapat keluar dari dalam tubuh ketika Anda buang air kecil. Selain produksi dalam tubuh ditambah dengan terlalu banyak makanan yang tidak sehat dan mengandung kadar purin tinggi akan menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh.   

Jadi untuk membantu mengatasi kadar asam urat tinggi, berikut cara yang dapat Anda ikuti:

  1. Mengurangi makanan yang mengandung purin

Usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti kuning telur, jeroan, kambing, kepiting, udang, ayam, daging merah, ikan sarden, bayam, kembang kol.

  1. Makan makanan yang tepat

Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, dan produk susu yang rendah atau bebas lemak. Karena makanan yang kaya akan serat mampu mengendalikan asam urat di dalam tubuh.

  1. Perbanyak minum air putih

Selalu usahakan untuk minum air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari. Dengan meminum banyak air putih, maka air dapat membawa asam urat untuk keluar dari tubuh dalam bentuk urin. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti sirsak, semangka.

  1. Hindari yang manis

Makanan dan minuman yang memiliki kadar pemanis buatan tinggi tidak baik untuk tubuh. Terutama pada orang yang menderita asam urat, makanan manis mengandung kadar gula yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh Anda. jadi hindari makanan atau minuman yang terlalu manis terutama yang mengandung pemanis buatan.

  1. Stop minuman beralkohol

Minuman beralkohol merupakan salah satu minuman yang menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh. Kadar purin pada minuman alkohol sangatlah tinggi, selain itu alkohol juga dapat menyebabkan berat badan semakin naik karena kandungan kalori yang tinggi. Hindari minuman apapun yang mengandung alkohol.

  1. Olahraga teratur

Olahraga memang selalu item penting yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit. Lakukan olahraga dengan teratur, bila kadar asam urat Anda tinggi untuk sementara hindari olahraga yang terlalu berat seperti lompat tali karena bisa membuat kristal asam urat semakin menusuk sendi Anda. Lakukan olahraga ringan seperti jalan cepat 3 kali dalam seminggu minimal 30 menit.

Tidak sulit kan cara mengatasi kadar asam urat tinggi. Untuk mengetahui pasti apakah kadar asam urat Anda tinggi adalah dengan melakukan pemeriksaan darah. Bila kadar asam urat Anda memang terlalu tinggi biasanya dokter akan memberikan obat penurun asam urat.

Sumber: www.dokter.id

tags :