OMG! Berhenti Makan Gula Ternyata Baik Bagi Kesehatan Lho!!!

...

Menurut sebuah penelitian baru yang dilakukan di the University of North Carolina, sekitar 20% penduduk Amerika mengkonsumsi 700 kalori tambahan dari gula setiap harinya. Bagaimana mungkin seseorang mengkonsumsi gula sebanyak itu setiap harinya?

Gula ternyata tidak hanya dapat ditemukan pada berbagai makanan manis seperti kue, permen, dan minuman bersoda; tetapi juga pada berbagai makanan sehat seperti bumbu salad, saus pasta, dan yogurt.

Karena pengaruhnya yang tidak sehat, banyak dokter telah menganjurkan agar pasiennya mulai  mengurangi konsumsi gula mereka (yang dimaksud bukan gula alami yang dapat ditemukan pada buah, sayuran, dan susu).

The American Heart Association menganjurkan agar wanita mengkonsumsi 6 sendok teh gula atau kurang setiap harinya (setara dengan 25 gram gula, yang berarti 100 kalori).

Apa yang terjadi pada tubuh Anda setelah Anda mengurangi konsumsi gula dan makanan manis lainnya tergantung pada seberapa besar konsumsi gula Anda biasanya. Orang yang mengkonsumsi gula dengan jumlah yang cukup banyak biasanya akan menunjukkan tanda-tanda kecanduan seperti merasa cemas, gelisah, dan bahkan depresi saat konsumsi gulanya dihentikan. Akan tetapi, ada banyak manfaat lain yang akan diperoleh oleh tubuh Anda saat Anda berhenti mengkonsumsi gula seperti yang akan dibahas di bawah ini.

 

Jantung Anda Akan Berbahagia

Resiko terjadinya kematian akibat gangguan jantung akan meningkat hingga 3 kali lipat bila Anda mengkonsumsi banyak makanan manis. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis akan meningkatkan kadar hormon insulin dalam jangka waktu lama (kronik), yang akan mengaktivasi sistem saraf simpatik, yang akan memicu peningkatan tekanan darah dan denyut jantung.

Dengan mengurangi konsumsi gula Anda selama beberapa minggu saja, maka kadar kolesterol LDL Anda mungkin akan menurun hingga 10%, begitu juga dengan kadar trigliserida yang akan menurun hingga 20-30%. Selain itu, tekanan darah Anda juga akan menurun.

 

Jerawat Pun Menghilang

Peradangan di seluruh tubuh merupakan pemicu terjadinya jerawat dan gula merupakan salah satu zat pemicu radang. Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa bila seseorang yang jarang atau tidak pernah mengkonsumsi minuman bersoda kemudian diminta mengkonsumsi 360 ml minuman bersoda setiap harinya selama 3 minggu, maka jumlah proses radang di dalam tubuhnya pun akan meningkat hingga 87%. Oleh karena itu, jangan mengkonsumsi minuman bersoda atau minuman manis lainnya dan Anda mungkin tidak perlu pusing dengan jerawat di wajah Anda.

 

Menurunkan Resiko Diabetes

Mengkonsumsi gula dapat meningkatkan pembentukan tumpukan lemak di sekitar hati Anda. Hal ini akan memicu terjadinya resistensi insulin dan mengganggu kerja pankreas, yang akhirnya akan mengganggu proses produksi insulin di dalam pankreas.

Berdasarkan sebuah penelitian, para ahli menemukan bahwa mengkonsumsi 150 kalori tambahan (dari gula) dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes tipe 2 hingga 11 kali lipat, dibandingkan dengan bila Anda mengkonsumsi 150 kalori tambahan dari protein atau lemak. Jadi, gantilah cemilan manis Anda dengan cemilan berprotein seperti kacang.

 

Mood Tetap Baik

Merupakan hal yang normal bila mood Anda menjadi buruk bila Anda mulai tidak mengkonsumsi gula. Akan tetapi, setelah masa "kecanduan" gula Anda berlalu, maka Anda pun akan merasa jauh lebih baik daripada sebelumnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Columbia University menemukan bahwa para wanita yang mengkonsumsi diet tinggi gula dan tepung olahan cenderung lebih sering mengalami gangguan cemas, mudah marah, dan memiliki mood yang berubah-ubah.

 

Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Penurunan kadar gula yang cepat setelah mengkonsumsi makanan tinggi gula justru akan membuat Anda mengantuk, lelah, dan lesu di siang hari; yang akan membuat Anda sangat ingin tidur siang.

Selain itu, gula juga akan memicu pelepasan hormon kortisol, yang akan membuat Anda tambah mengantuk. Oleh karena itu, jangan tambahkan gula pada makanan atau minuman Anda untuk membuat Anda terjaga sepanjang hari.

 

Daya Ingat Anda Pun Akan Membaik

Bingung mengapa pikiran Anda sulit untuk fokus? Gula yang Anda konsumsi mungkin merupakan sumbernya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan di UCLA menemukan bahwa diet tinggi gula dapat mempengaruhi kemampaun belajar dan mengingat seseorang. Selain itu, mengkonsumsi banyak gula dalam waktu lama juga dapat merusak komunikasi di antara sel-sel otak Anda.

 

Berat Badan Akan Menurun

Saat Anda mengurangi konsumsi gula dan makanan serta minuman manis yang biasa Anda konsumsi, maka jumlah kalori yang Anda konsumsi pun akan berkurang. Dengan mengurangi 200 kalori setiap harinya, maka berat badan Anda pun akan turun 5 kg dalam waktu 5-6 bulan

Sumber: www.dokter.id

 

tags :