Pakai Celana Dalam Ketat Bikin Mandul???

...

Kualitas sperma yang baik tergantung dari makanan yang dikonsumsi, gaya hidup serta pakaian yang dikenakan.

Bila gaya hidup yang tidak sehat dan makan makanan yang sembarangan seperti junk food memang dapat merusak kualitas sperma. Namun mengapa cara berpakaian juga bisa membuat Anda mandul.

Ternyata cara berpakaian yang dimaksud disini adalah penggunaan celana terutama celana dalam yang terlalu ketat.

 

Buah zakar seorang pria berfungsi membentuk dan menampung mani yang berisi sel-sel sperma, sebelum dikeluarkan melalui penis saat ejakulasi. Sel-sel sperma ini terbentuk atas asam amino (seperti yang membentuk protein) yang sangat rentan dan mudah rusak terhadap panas dan asam.

 

Pada saat seorang pria menggunakan celana dalam dan atau celana luar yang ketat, sirkulasi udara di daerah mr. P menjadi sangat minim. Akibatnya panas dari tubuh tidak akan pergi ke mana-mana dan daerah sekitar selangkangan menjadi panas, hal itu berpengaruh terhadap proses pembentukan sperma.

 

Untuk itu sebisa mungkin hindarilah memakai celana dalam yang ketat, terutama jika aktivitas menuntut untuk duduk dalam waktu lama. Hindari pula celana dalam yang ketat ketika sedang berolahraga. Gunakan celana dalam yang longgar dengan bahan yang menyerap keringat seperti bahan katun. Hal ini dapat menjaga kesehatan dan kualitas sperma menjadi lebih baik. Menjaga kualitas sperma baik juga dapat dilakukan setiap hari, mulai dari menjaga gaya hidup sehat, tidak merokok yang bisa membuat sperma rusak dan memengaruhi pergerakannya, rajin berpuasa, asupan gizi makanan yang seimbang, istirahat yang cukup, penyesuaian aktifitas dan waktu berolahraga, serta pengendalian diri dari rasa stress yang berlebihan.

 

Anda juga bisa berjemur untuk membantu menyehatkan sperma, Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 340 pria di Denmark menemukan bahwa vitamin D, yang diproduksi tubuh saat terkena sinar matahari, meningkatkan kualitas sperma. Sinar matahari adalah sumber utama vitamin D yang membantu mengatur tingkat kalsium dan fosfor untuk menghasilkan tulang yang sehat.

 

Konsumsilah juga buah pisang. Seorang ahli urologi di Singapura menyatakan, konsumsi pisang setiap tiga hari dapat meningkatkan kesuburan pria. Kandungan magnesium di dalamnya mampu merangsang produksi sel sperma lebih banyak. Selain pisang, buah mangga, bayam, wortel, kacang – kacangan, aprikot dan alpukat tidak hanya enak, tetapi akan membuat sperma menjadi lebih kuat. Rutinlah meminum secangkir teh setiap hari atau mengkonsumsi buah serta bahan makanan lain yang kaya vitamin E dan betakaroten seperti, labu, wortel, bayam, peterseli, minyak sayur, alpukat, kacang-kacangan, dan beberapa biji bijian lainnya untuk kualitas sperma terbaik.

 

Jagalah kesehatan sperma Anda dari sekarang untuk menghindari Anda dari masalah kemandulan.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :