Penyakit Yang Sering Di Derita Anak

...

Anak-anak memang lebih rentan terserang penyakit dibanding orang dewasa. Mengapa demikian? Sistem kekebalan dalam tubuh anak belum sekuat orang dewasa, terlebih kita berada di negara tropis ini membuat mikroorganisme penyebab penyakit sangat beragam.

Menurut dr. Yose Muliawan Pangestu, Sp.A, pediatrican di Mayapada Hospital Tangerang, ada dua jenis penyakit yang paling sering dikeluhakan orang tuasaat membawa anaknya berobat, "infeksi saluran nafas atas/ common cold dan diare.

Diare sendiri adalah gangguan pencernaan yang biasa dialami anak-anak. "Disebut diare bila terjadi perubahan konsistensi pada feses menjadi lebih lembek/cair dengan frekuensi 2 kali lipat dari biasanya (pada bayi-bayi muda) atau frekuensi 2 kali per hari pada anak yang lebih besar." ujar dr. Yose.

Sementara itu common cold, infeksi pada saluran pernafasan bagian atas (hidung dan tenggorokan) penyebabnya adalah infeksi virus.

Dan berikut ini tips pencegahannya :

  1. Budayakan cuci tangan.
  2. Cegah kebiasaan anak memasukan tangan ke dalam mulut.
  3. Cuci sayur & buah-buahan sebelum dikonsumsi.
  4. Jangan merokok disekitar anak
  5. Hindari ‘cross contamination’ contoh : dalam lemari es, pisahkan daging, ikan, telor mentah dari makanan matang.
  6. Imunisasi lengkap & teratur, karena dalam waktu 4-6 minggu setelah imunisasi akan timbul antibodi spesifik yang sangat efektif mencegah penularan penyakit.

tags :