Saat Otot Sakit, Segera Ikuti 9 Langkah Ini Sebagai Pertolongan Pertama

...

Apakah Anda pernah mengalami otot terasa cekat-cekot? Bila iya, rasanya pasti sangat mengganggu.

Otot terasa cekat-cekot atau nyeri otot bisa saja Anda alami saat melakukan aktivitas berat seperti setelah berolahraga atau aktivitas lain. Rasanya memang sangat mengganggu. Namun jangan biarkan aktivitas Anda malah akan terganggu

Berikut adalah cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi nyeri otot, silahkan disimak ulasan dibawah ini:

  1. Istirahatkan otot

Apabila Anda mengalami nyeri otot maka segera istirahatkan otot yang terasa nyeri selama 24-48 jam setelah latihan atau aktivitas yang menyebabkannya sakit. Setelah itu untuk sementara waktu jangan melakukan latihan berat lagi, usahakan latihan yang Anda lakukan kurang dari 50% mulai dari berat, jarak dan kecepatan latihan yang membuat otot Anda terasa sakit. Ini merupakan adalah cara terbaik untuk menghindari rasa sakit yang berlebihan.

  1. Pijat tubuh Anda

Saat Anda melakukan aktivitas yang berlebihan biasanya akan terjadi robekan kecil pada serat otot Anda. Respon alami tubuh terhadap robekan ini adalah terjadinya peradangan. Pijatan membantu mengurangi jumlah sitokin yang diproduksi oleh tubuh. Sitokin ini yang menimbulkan reaksi peradangan pada tubuh.

Namun Anda harus mencari terapis pijat yang memang kompeten, terapi pijat akan membuat tubuh menjadi lebih rileks, sekaligus memiliki fungsi meditatif dan menyembuhkan.

  1. Memijat sendiri

Tergantung pada lokasi rasa sakit yang Anda rasakan, Anda dapat mencoba untuk memijat sendiri otot yang sakit. Gunakan kombinasi ibu jari, buku-buku jari dan telapak tangan untuk memijat lebih dalam sampai ke jaringan otot.

Saat Anda sedang memijat, jangan fokus pada bagian tengah otot yang sakit. Sebaliknya fokus pada ujung otot. Tindakan ini akan membuat otot menjadi rileks lebih cepat. Jika otot yang sakit berada di sepanjang punggung dan leher, minta bantuan terapis pijat. Daerah ini berbahaya untuk dipijat tanpa latihan yang memadai.

  1. Lakukan peregangan otot

Latihan ini juga akan membantu untuk mengeluarkan asam laktat dari otot-otot Anda. Melakukan peregangan setelah aktivitas berat berfungsi mencegah otot kaku dan terasa nyeri.

  1. Dinginkan otot secara tidak langsung

Dokter menyarankan untuk mendinginkan otot setelah beraktivitas berat seperti berolahraga untuk mengurangi peradangan dan memberikan rasa lega yang lebih lama.Saat mendinginkan otot, cara terbaik adalah membungkus kompres es supaya tidak langsung mengenai kulit

  1. Gunakan panas

Hari pertama rasa sakit otot muncul, panas dapat digunakan untuk membantu mengalirkan darah ke otot. Cara ini akan membantu proses pemulihan serta berfungsi menenangkan otot.

  1. Mandi dengan air pancuran

Biarkan air hangat menyirami otot-otot Anda, membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Gunakan air hangat dan dingin secara bergantian untuk perawatan hidroterapi sendiri.

  1. Lakukan peregangan saat mandi

Berendam dengan air hangat dan gunakan sabun cair akan membantu menenangkan otot. Berendamlah kira-kira sekitar 15-25 menit untuk hasil maksimal.

  1. Gunakan obat untuk mengatasi rasa nyeri

Golongan obat yang digunakan untuk mengatasi rasa nyeri adalah obat golongan NSAID, atau obat-obatan antiinflamasi non steroid seperti Ibuprofen, Naproxen atau aspirin

Mudahkan cara untuk mengatasi otot yang cekat-cekot, selain cara diatas usahakan untuk minum banyak air putih terutama saat Anda berolahraga. Otot-otot Anda membutuhkan air untuk dapat berfungsi maksimal, dan tubuh Anda membutuhkan air untuk memperbaiki otot-otot Anda. jadia jangan lupa untuk minum air putih yang banyak.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :