Wasir Sangat Menjengkelkan, Ini Pertolongan Pertama Bila Anda Mengalaminya

...

Tahukah Anda dengan yang namanya wasir? Atau mungkin pernah mengalaminya? Bila iya, pasti rasanya akan sangat mengganggu. Saat mengalami wasir, akan membuat Anda merasa nyeri, merasa tidak nyaman saat duduk bahkan bisa terjadi perdarahan bila wasir tersebut pecah.

Tubuh tersusun atas rangkaian pembuluh darah arteri dan vena. Pembuluh darah arteri mengalirkan darah ke berbagai bagian tubuh, sedangkan vena akan membawa kembali darah menuju jantung. Pada suatu keadaan vena atau pembuluh darah balik di daerah anus dapat membesar dan membengkak karena terisi darah. Hal inilah yang disebut dengan wasir.

Biasanya orang akan menyadari memiliki wasir saat buang air besar ada darah yang menetes dan ada benjolan disekitar anus.

Apabila Anda mengalami hal ini, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama:

Berendam di air hangat

Untuk membantu meredakan iritasi, nyeri, dan mengecilkan pembuluh darah balik, rendam wasir selama 15-20 menit 3 kali sehari dalam air hangat, bukan air panas. Berendam bisa mengurangi iritasi, ketegangan otot rektal, dan rasa gatal. Anda juga bisa menambahkan ¼ cangkir garam laut ke dalam air rendaman dan duduk di dalam bak mandi selama 30 menit setiap kali berendam. Garam memiliki khasiat sebagai antibakteri dan digunakan untuk membantu penyembuhan luka dan mengusir infeksi.

Anda juga bisa menambahkan ekstrak witch hazel, yang mampu menenangkan dan mendinginkan wasir. Anda bisa menambahkannya paling tidak satu kali sehari dan berendam di dalamnya selama 15-20 menit.

Anda juga bisa menambahkan larutan PK (Kalium Permanganat) yang bersifat membunuh kuman (bakterisid) dan mengeringkan luka. Cukup tebarkan dalam campuran air hangat sekitar ½ sendok teh dan campurkan secara merata.

Beri kompres dingin ke wasir.

Letakkan kantung es di dalam lemari pembeku hingga membeku. Bungkus kantung es dengan handuk bersih sebelum menempelkannya ke wasir dengan lembut. Kompres wasir selama beberapa menit saja, karena bila terlalu lama bisa merusak jaringan kulit di sekitarnya

Kompres dingin akan membantu meredakan nyeri dan pembengkakan dengan mengurangi peradangannya, menyempitkan pembuluh darah, sehingga menghentikan pendarahan.

Oleskan krim topikal

Anda bisa menggunakan krim yang mengandung fenilefrin untuk menyempitkan pembuluh darah sehingga pendarahan bisa dihentikan. Anda juga bisa mengoleskan krim untuk meredakan nyeri, iritasi, dan rasa gatal yang mengandung hidrokortison, lidah buaya, ekstrak witch hazel dan vitamin E. Namun untuk penggunaan hidrokortison harus dibawah pengawasan dokter karena bisa menimbulkan efek sampingg seperti kerusakan kulit.

Pola hidup yang baik

Perdarahan akibat wasir bisa terjadi karena ada tekanan yang berlebihan pada daerah anus tersebut. Seperti sering menahan buang air besar, sehingga kotoran menjadi lebih keras dan Anda perlu mengedan, hal ini yang membuat wasir menjadi makin parah dan mudah berdarah.

Jadi yang dapat dilakukan adalah banyak makan makanan kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran untuk melunakkan tinja yang mencegah sembelit.  Hindari duduk terlalu lama yang dapat meningkatkan tekanan pada wasir Anda.

Apabila wasir yang Anda rasakan semakin menyiksa dan mengganggu ada baiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat...

Sumber: www.dokter.id

tags :