4 Mitos Kesehatan yang Dikira Benar Oleh Banyak Orang

...

Apakah hal yang Anda lakukan setiap hari atau tips kesehatan yang Anda dengar dari sahabat Anda memang benar-benar baik bagi kesehatan Anda? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis mitos kesehatan yang sering salah dikira sebagai kebenaran oleh banyak orang.

1. Hand Sanitizer Dapat Mencegah Penyebaran Kuman Penyakit

Fakta: mencuci tangan dengan sabun dan air bersih justru lebih efektif daripada menggunakan hand sanitizer. The Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat mengatakan bahwa memang benar penggunaan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol dapat membantu bila tidak ada sabun untuk mencuci tangan. Akan tetapi, CDC juga mengingatkan bahwa hand sanitizer sebenarnya tidak membunuh kuman, tetapi hanya memperlambat pertumbuhan sejumalh bakteri. Jadi, hand sanitizer tidak efektif bila digunakan untuk membunuh beberapa jenis virus yang lebih kuat.

Selain itu, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh the University of Missouri, para peneliti menemukan bahwa sejumlah komponen yang terkandung di dalam hand sanitizer dapat membuat kulit Anda lebih mudah menyerap bisphenol A (hingga 100 kali lipat), sejenis senyawa sintetik yang dapat ditemukan pada makanan kalengan dan kertas bon yang telah terbukti berhubungan dengan terjadinya gangguan hormon, meningkatkan resiko terjadinya kanker, dan gangguan jantung.

Baca juga: 6 Mitos Salah Mengenai Pernikahan

2. Gluten, Sejenis Protein di Dalam Gandum, Membuat Semua Roti Tidak Baik Bagi Kesehatan

Fakta: diet bebas gluten memang terbukti dapat membuat seorang penderita intoleransi gluten menjadi lebih sehat, tetapi diet ini tidak terbukti bermanfaat bagi orang yang memang tidak menderita intoleransi gluten. Walaupun diet bebas gluten tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda, akan tetapi diet ini mungkin akan berdampak buruk bagi "kesehatan" dompet Anda.

3. Makan di Restoran Sehat Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Fakta: saat Anda mengira bahwa Anda makan di restoran sehat maka Anda pun akan makan lebih banyak (sekitar 151 kalori lebih banyak) dibandingkan saat Anda makan di sebuah restoran siap saji. Akan tetapi, bukan berarti Anda sebaiknya makan di berbagai restoran siap saji saja, karena hal ini tetap saja tidak sehat.

4. Jangan Lupa Melakukan Peregangan Sebelum Berolahraga

Fakta: beberapa penelitian telah menemukan bahwa melakukan peregangan sebelum berolahraga justru akan membuat Anda menjadi lebih lemah dan lebih tidak stabil saat berolahraga. Untuk mencegah hal di atas, lakukanlah pemanasan setelah peregangan. Hal ini dapat membantu menghilangkan efek samping dari peregangan di atas.

tags :