4 Bahan Alami Ini Dijamin Bikin Wajah Bebas Jerawat

...

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami kebanyakan orang. Dan bukan hanya itu saat sudah memiliki masalah dengan jerawat maka ada masalah baru yang timbul yaitu bekas jerawat.

Bekas jerawat sebenarnya bagian dari proses penyembuhan, menurut American Academy of Dermatology (AAD). Setelah jerawat telah dibersihkan, kulit mencoba untuk memperbaiki kerusakan yang ada. Dengan memproduksi kolagen akan membantu menyembuhkan kulit. Namun ternyata apabila kulit mengandung kolagen terlalu sedikit maka akan terjadi bekas lekung yang cekung. Kemudian bila kulit Anda memiliki kandungan kolagen yang terlalu banyak akan timbul bekas luka yang timbul.

Masalah yang satu ini memang membuat pusing kepala, karena bisa mengganggu penampilan. Nah untuk Anda yang mungkin sedang bingung, Anda bisa kok mencoba beberapa bahan alami yang membantu menyamarkan bekas jerawat.

Berikut bahan alami tersebut:

Minyak Habbatussauda atau jintan hitam

Atau dikenal juga dengan Nigella sativa, merupakan tanaman obat yang mudah ditemukan. Minyak jintan hitam ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus dan antiinflamasi. Sehingga membantu mengurangi proses peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Caranya:

Campur 1 sendok makan minyak jintan hitam dengan ½ sendok makan minyak zaitun

Oleskan campuran tersebut ke wajah

Diamkan selama 30 menit-1 jam

Kemudian bilas bersih dengan menggunakan air hangat

Madu

Anda pasti sudah mengetahui berbagai macam manfaat madu. Yups madu merupakan bahan yang sangat berguna untuk mengatasi beberapa luka seperti luka bakar bahkan luka akibat kencing manis yang tidak kunjung sembuh juga sering diberikan madu untuk mempercepat proses penyembuhan.

Madu berguna untuk mempercepat penyembuhan luka, mengurangi potensi terjadinya jaringan parut. Selain itu madu memiliki sifat antibakteri. Sehingga mampu melawan infeksi bakteri penyebab jerawat.

Caranya:

Campur 1 sendok makan madu dengan ½ sendok makan minyak zaitun

Oleskan campuran tersebut ke wajah

Diamkan selama 20 menit

Kemudian bilas dengan air bersih

Lidah buaya

Seperti halnya madu, kemampuan lidah buaya juga sangat terkenal dalam mengatasi luka dan membantu proses penyembuhan. Menurut sebuah studi di Annals of Plastic Surgery, mengoleskan lidah buaya langsung ke luka akan mengurangi proses peradangan berkurang dan mengecilkan ukuran bekas luka ukuran.

Semua ini karena lidah buaya memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, astringent untuk mengecilkan pori-pori dan dapat merangsang pertumbuhan sel yang membantu mengobati jerawat.

Caranya:

Kupas lidah buaya, ambil bagian dalamnya saja

Aduk secara merata lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

Diamkan selama 30 menit atau sampai masker mengering.

Bilas wajah dengan air hingga bersih.

Perasan air lemon

Buah lemon mengandung asam sitrat dan kaya akan vitamin C. Asam sitrat dapat membantu mengeringkan jerawat, selain itu asam sitrat juga berperan dalam pengelupasan kulit. Selain itu vitamin C merangsang pertumbuhan kulit, mencerahkan dan menyamarkan bekas jerawat.

Caranya:

Campurkan 2 sendok makan perasan air lemon dengan 1 sendok makan madu

Oleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang berjerawat

Diamkan 15-20 menit atau hingga masker kering

Lalu bilas dengan air hingga wajah bersih.

Cara diatas dapat membantu menyamarkan bekas jerawat, Anda bisa melakukan perawatan diatas secara rutin yaitu 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu perhatikan kebersihan dan makanan yang Anda makan agar mencegah terjadinya jerawat.

 

Sumber: www.dokter.id

tags :