5 Penyakit yang Bisa Mulai Terjadi Sejak Anda Berumur 20 Tahun

...

Usia muda bukan berarti Anda pasti terbebas dari segala jenis penyakit kronik yang biasa ditemukan pada orang lanjut usia. Bahkan saat Anda masih berusia 20 tahun, Anda dapat menderita berbagai jenis penyakit kronik tersebut. Di bawah ini Anda dapat melihat 5 penyakit yang ternyata juga dapat terjadi pada orang dewasa muda.

 

Sklerosis Multipel

Penyakit langka yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang biasanya mulai muncul saat Anda berusia 20 tahun. Sklerosis multipel akan menyerang sistem saraf pusat Anda, yaitu otak, saraf tulang belakang (medulla spinalis), dan saraf optikus.

Penyakit ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan lemak yang berfungsi untuk melindungi saraf pada sistem sara pusat, yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai gejala. Akan tetapi, setiap orang yang menderita sklerosis multipel memiliki gejala yang berbeda-beda.

Walaupun demikian, ada beberapa gejala yang sama yang biasanya dialami oleh seorang penderita sklerosis multipel, yaitu penglihatan kabur, merasa amat sangat lelah, mati rasa pada anggota gerak, dan kesulitan berjalan. Hingga saat ini memang belum ada pengobatan untuk penyakit ini, tetapi diagnosa dini dapat membantu mengurangi gejala.

 

Gangguan Bipolar

Gangguan mental yang satu ini biasanya mengenai orang yang berusia sekitar 25 tahun, tetapi juga dapat mengenai anak-anak atau orang yang berusia 40-50 tahun. Gangguan bipolar merupakan gangguan kesehatan yang mempengaruhi mood, di mana penderita dapat mengalami episode manik dan depresi secara bergantian.

Pada episode manik, penderita dapat merasa sangat gembira dan antusias, sementara pada episode manik, penderita biasanya akan merasa sangat sedih. Hingga saat ini para ahli masih belum dapat menentukan penyebab pasti dari gangguan bipolar, namun para ahli menduga faktor genetika turut berperan dalam terjadinya gangguan ini.

Mengalami perubahan besar dalam hidup atau trauma pada masa kanak-kanak juga dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan bipolar.

 

Lupus

Lupus merupakan suatu penyakit autoimun yang biasanya mengenai wanita, di mana sekitar 90% penderitanya adalah wanita. Banyak di antara penderita masih berusia muda. Gejala lupus dapat bervariasi, beberapa gejala yang dapat ditemukan adalah adanya bercak kemerahan, perubahan mood, merasa sangat lelah, dan sakit kepala.

Pada awalnya, lupus cukup sulit didiagnosa karena gejalanya hampir mirip dengan berbagai gangguan kesehatan lain. Lupus merupakan penyakit yang serius, tetapi dengan perkembangan ilmu kedokteran, penyakit ini sudah dapat diatasi, walaupun tidak dapat disembuhkan.

 

Penyakit Alzheimer

Walaupun penyakit Alzheimer lebih sering ditemukan pada orang lanjut usia, namun beberapa penelitian menemukan bahwa penyakit Alzheimer dapat mulai terjadi saat seseorang berusia 20 tahun. Untuk mencegahnya, dianjurkan agar setiap orang rajin berolahraga dan menjaga asupan gizinya dengan baik.

 

Psoriasis

Psoriasis merupakan suatu penyakit autoimun yang ditandai dengan bercak kemerahan bersisik pada kulit, yang seringkali ditemukan pada penderita diabetes dan gangguan jantung. Penyakit ini dapat mengenai siapa saja, pada usia berapa pun.

Akan tetapi, menurut Cleveland Clinic, penyakit ini biasanya terjadi melalui 2 tahap. Tahap pertama biasanya mulai muncul saat penderita berusia 20 tahun dan tahap kedua biasanya mulai muncul saat penderita berusia 50 tahun.

Faktor genetik dan sistem kekebalan tubuh tampaknya turut berperan dalam terjadinya gangguan ini. Bercak kulit dapat terasa nyeri, gatal, atau panas seperti terbakar.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :