5 Tanda Anda Kekurangan Vitamin D!

...

Anda telah mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, tidur yang cukup, berolahraga beberapa kali setiap minggunya, dan menggunakan tabir surya untuk mencegah efek radiasi pada kulit. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kekurangan satu jenis vitamin ternyata dapat meningkatkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi  dan diabetes hingga 2.5 kali lipat???

Kekurangan vitamin D ternyata dapat membuat gaya hidup sehat yang telah Anda jalani dengan susah payah menjadi percuma! Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan darah untuk mencari tahu berapa kadar vitamin D di dalam tubuh Anda. Bila Anda enggan melakukan pemeriksaan darah, di bawah ini terdapat beberapa gejala kekurangan vitamin D yang mungkin dapat membantu Anda.

 

  1. Keringat Berlebih

Saat Anda tidak melakukan aktivitas fisik berat, suhu tubuh Anda berada pada kisaran normal, dan cuaca di lingkungan sekitar Anda juga tidak terlalu panas tetapi entah mengapa dahi Anda tampak berkeringat, Anda mungkin harus memeriksa kadar vitamin D di dalam tubuh Anda, segera!

 

  1. Badan Terasa Lemah Tanpa Penyebab yang Jelas

Saat Anda kekurangan vitamin D, maka Anda dapat merasa amat sangat lelah, walaupun telah tidur dengan cukup. Hal ini dikarenakan vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga setiap serat otot di dalam tubuh Anda, berapa pun usia Anda.

Menurut sebuah penelitian, dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D selama 6 bulan, Anda telah dapat mengatasi kelemahan otot yang terjadi akibat kekurangan vitamin D.

 

  1. Tulang Mudah Patah

Tubuh manusia biasanya akan berhenti membentuk massa tulang saat berusia 30 tahun dan kekurangan vitamin D akan mempercepat atau memperburuk gejala osteoporosis. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh Anda, makanan saja tampak tidak cukup. Masih dibutuhkan bantuan dari sinar matahari dan suplemen.

 

  1. Nyeri Kronik

Walaupun biasanya tidak begitu jelas, beberapa orang yang kekurangan vitamin D dapat mengalami nyeri pada tulang (osteomalasia). Selain itu, orang-orang yang didiagnosa menderita radang sendi atau fibromialgia mungkin juga kekurangan vitamin D yang membuat sendi dan otot menjadi nyeri.

Jika nyeri otot yang Anda rasakan sudah berlangsung selama beberapa minggu, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk mencari tahu apakah kekurangan vitamin D merupakan penyebabnya. Tercukupinya kebutuhan vitamin D juga dapat mencegah terjadinya nyeri otot setelah berolahraga dan mempercepat masa penyembuhan otot.

 

  1. Mood Selalu Buruk

Diagnosa depresi ternyata seringkali berhubungan dengan kekurangan kadar vitamin D di dalam tubuh penderita. Walaupun belum mengetahui secara pasti, para ahli menduga bahwa vitamin D mungkin mempengaruhi area otak tertentu dan hormon serotonin, yang berfungsi untuk mengendalikan mood seseorang.

 Sumber: www.dokter.id

 

tags :