7 Kegunaan Pil KB

...

Pil KB tidak hanya berfungsi untuk mencegah kehamilan. Pil KB juga memiliki berbagai fungsi lainnya, mulai dari mengurangi rasa sakit akibat menstruasi sampai pada pencegahan kanker.

 

  1. Menurunkan Resiko Kanker

Mengkonsumsi pil KB dapat menurunkan resiko anda terkena kanker endometrium dan kanker ovarium hingga sebanyak 70% bila dikonsumsi selama 12 tahun, dan 40% bila dikonsumsi selama 1-5 tahun.

Pil KB bekerja dengan cara mengurangi jumlah ovulasi anda. Ovulasi dapat memicu berbagai perubahan pada sel di dalam ovarium (indung telur) yang dapat menyebabkan kanker.

 

  1. Membuat Kulit Lebih Cerah

Estrogen merupakan hormon wanita yang terdapat di dalam pil KB. Estrogen dapat mencerahkan kulit anda dengan cara menurunkan kadar testosteron, suatu hormone pria yang menstimulasi produksi minyak.

Selain itu, pil KB juga seringkali digunakan untuk mengobati jerawat dan noda hitam. Efek ini biasanya baru terlihat setelah pil KB digunakan selama 2 bulan.

 

  1. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Saat anda mengkonsumsi pil KB, anda tidak mengalami ovulasi, sehingga dinding rahim anda tidak berkembang terlalu banyak. Bahkan anda sebenarnya tidak mengalami menstruasi yang sebenarnya.

Menstruasi yang anda alami biasanya disebabkan oleh luruhnya dinding rahim akibat penurunan kadar hormon. Oleh karena itu, pengguna pil KB biasanya mengalami menstruasi dalam waktu yang lebih singkat dan dengan jumlah yang lebih sedikit, serta sedikit atau tidak mengalami kram perut.

 

  1. Mengurangi Sindrom Premenstruasi

Perubahan keseimbangan hormonal merupakan penyebab utama timbulnya gejala pada sindrom premenstruasi. Pil KB dapat mengurangi gejala dengan menstabilkan hormon, akan tetapi gejala yang berbeda membutuhkan pil KB yang berbeda.

Rasa keras dan nyeri pada dada dapat dikurangi dengan mengkonsumsi pil KB dengan kadar estrogen yang lebih rendah. Untuk mengurangi perut kembung, gunakanlah pil KB yang mengandung progestin untuk mencegah retensi cairan. Efek ini biasanya baru timbul 3 atau 4 bulan setelah penggunaan.

 

  1. Mengurangi Gejala Endometriosis

Endometriosis merupakan suatu keadaan di mana dinding rahim tumbuh dan berkembang pada daerah panggul lainnya, yang dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut, nyeri hebat, dan kadang-kadang infertilitas (kemandulan). Pil KB dapat menghentikan pertumbuhan jaringan pada berbagai daerah lainnya dengan mengurangi jumlah hormon yang menyebabkan pembentukan endometriosis.

 

  1. Mengatur Menstruasi

Anda dapat menunda menstruasi dengan mengkonsumsi pil KB. Pil KB yang biasanya digunakan adalah pil dengan dua warna berbeda, yang satu merupakan pil aktif dan yang satunya lagi merupakan plasebo. Minumlah pil aktif agar tidak terjadi menstruasi dan minumlah plasebo agar menstruasi kembali terjadi.

 

  1. Mengurangi Gejala Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik merupakan suatu keadaan yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormonal yang menyebabkan menstruasi tidak teratur, pertumbuhan rambut tubuh berlebihan, dan jerawat. Pil KB dapat mengurangi berbagai gejala di atas.

Para ahli menganjurkan agar wanita penderia sindrom ovarium polikistik mengkonsumsi pil yang mengandung 30-35 mcg estrogen. Estrogen dapat membantu mengatur siklus menstruasi, mencegah berbagai gangguan kulit, dan mengurangi pertumbuhan rambut tubuh yang tidak diinginkan.

 Sumber: www.dokter.id

 

tags :