7 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

...

Tahukah Anda bahwa air mata ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan Anda? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa manfaat menangis bagi kesehatan.

 

  1. Membantu Anda Melihat Lebih Jelas

Tahukah Anda bahwa air mata ternyata berfungsi sebagi pelumas bagi bola mata dan kelopak mata Anda? Selain itu, air mata juga berfungsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada membran mukosa mata Anda. Kekurangan pelumas mata dapat membuat Anda mengalami gangguan penglihatan.

 

  1. Membunuh Bakteri

Tahukah Anda saat Anda menangis Anda juga membunuh bakteri yang ada di dalam mata Anda? Hal ini dikarenakan air mata mengandung suatu enzim, lisozim, yang dapat membunuh bakteri.

 

  1. Melampiaskan Emosi

Saat Anda menangis berarti Anda membiarkan emosi Anda "mengalir" keluar. Hal ini dapat sangat membantu bila Anda sedang merasa kesal, sedih, stress, dan bahkan frustasi.

 

  1. Membuat Anda Merasa Lebih Baik

Setelah Anda menangis, perasaan Anda biasanya akan menjadi lebih baik. Jadi, menangis bukanlah suatu hal yang buruk.

 

  1. Membuang Racun

Menangis ternyata tidak hanya dapat membunuh kuman yang ada di dalam mata, tetapi juga dapat membuang racun dari dalam tubuh lho, terutama racun yang disebabkan oleh stress.

 

  1. Mengurangi Stress

Sama seperti saat Anda berolahraga, menangis juga dapat membuat kadar stress Anda menurun lho. Sebaliknya, saat Anda menahan tangisan Anda, kadar stress Anda justru akan meningkat.

 

  1. Mencegah Depresi

Jika Anda terus menahan kesedihan Anda, maka Anda tidak hanya akan merasa stress tetapi juga depresi lho. Oleh karena itu, biarkanlah air mata Anda keluar saat Anda merasa sedih. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih baik sesudahnya.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :