Apakah Aman Memberikan Suplemen Minyak Ikan Pada Anak?

...

Mengkonsumsi minyak ikan setiap harinya secara teratur memang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Akan tetapi, seperti halnya obat, minyak ikan pun memiliki beberapa efek samping. Oleh karena itu, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi berbagai jenis suplemen.
Karena mengandung banyak omega 3, maka minyak ikan juga memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan Anda, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Omega 3 berperanan penting dalam perkembangan otak janin dan anak-anak. 
Selain itu, minyak ikan juga telah dikenal dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan mengurangi resiko penyakit jantung dan cenderung aman dikonsumsi oleh siapa saja, asalkan dikonsumsi sesuai dengan dosis yang telah ditetapkan. 
Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2011, mengkonsumsi minyak ikan mungkin dapat membantu para penderita kanker menjaga berat badan dan massa ototnya selama tindakan kemoterapi.

Berapa Dosis Suplemen Minyak Ikan yang Aman?
Berdasarkan MedlinePlus, minyak ikan biasanya cukup aman dikonsumsi oleh orang dewasa, termasuk oleh ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui, tetapi hanya bila dikonsumsi sebanyak 3 gram atau kurang setiap harinya. Mengkonsumsi 2.2 gram minyak ikan setiap harinya dapat membantu menjaga massa otot dan berat badan selama tindakan kemoterapi.
Para ahli menganjurkan agar seorang wanita mengkonsumsi setidaknya 1.100 mg minyak ikan, 1.400 mg minyak ikan untuk ibu hamil, 1.300 mg minyak ikan untuk ibu yang sedang menyusui, dan 1.600 mg minyak ikan bagi pria setiap harinya.

Dampak Mengkonsumsi Minyak Ikan Secara Berlebihan
Berlebihan selalu bukan merupakan hal yang baik, termasuk saat Anda mengkonsumsi suplemen minyak ikan. Mengkonsumsi terlalu banyak suplemen minyak ikan dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan, sulit mengendalikan kadar gula darah, membuat Anda lebih sering memikirkan hal yang buruk, melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, berbahaya bagi orang yang memiliki implan defibrillator, dan dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat-obatan. 
Oleh karena itu, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun, termasuk suplemen minyak ikan.

Bolehkan Memberikan Suplemen Minyak Ikan Pada Anak-anak?
Jangan pernah memberikan suplemen minyak ikan pada anak Anda sebelum berkonsultasi dengan dokter anak Anda terlebih dahulu. Pastikan anak Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap suplemen minyak ikan, tidak memiliki gangguan pembekuan darah, dan tidak mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang mungkin berinteraksi dengan suplemen minyak ikan sebelum memberikan suplemen minyak ikan pada anak Anda. 
Minyak ikan sebenarnya memiliki dampak positif bagi anak-anak yaitu dapat membantu meningkatkan kemampuan belajarnya. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter anak Anda sebelum memberikan suplemen apapun pada anak Anda.

Sumber: www.dokter.id

tags :