Asam Urat Anda Tinggi? Kendalikan Dengan Makanan Ini!

...

Bila Anda merupakan seorang penderita gout, maka dokter Anda mungkin akan melarang Anda untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak purin. Akan tetapi, karena purin dapat ditemukan pada hampir semua jenis protein hewani dan nabati, maka apa sebenarnya makanan yang masih dapat dikonsumsi oleh para penderita gout?

Gout sendiri merupakan salah satu jenis radang sendi, yang menyerang persendian dan menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada persendian, terutama di sendi jari kaki dan jari tangan. Kadangkala, gout juga dapat mengenai sendi pergelangan tangan, siku, lutut, dan pergelangan kaki.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa contoh makanan yang masih boleh dikonsumsi oleh para penderita gout karena hanya mengandung sedikit purin.

 

Roti Putih, Pasta, dan Mie

Karbohidrat sederhana aman untuk dikonsumsi oleh para penderita gout karena hanya mengandung sedikit purin. Akan tetapi, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah, meningkatkan resiko terjadinya sindrom metabolik, dan diabetes.

Sebenarnya roti gandum dan pasta yang terbuat dari gandum utuh memang lebih sehat dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, akan tetapi karena keduanya mengandung cukup banyak purin, maka keduanya hanya boleh dikonsumsi sesekali.

 

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Mengkonsumsi 2 sendok makan kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan bagian dari menu sehat untuk penderita gout. Beberapa jenis kacang dan biji-bijian yang hanya mengandung sedikit purin adalah kacang walnut, kacang almond, flaxseed, dan kacang mede.

 

Berbagai Produk Susu

Susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak merupakan makanan yang sangat baik bagi penderita gout karena keduanya hanya mengandung sedikit purin. Selain itu, keduanya juga dapat menurunkan resiko terjadinya gout.

Telur

Telur memang mengandung sedikit purin. Akan tetapi, dianjurkan agar Anda membatasi konsumsinya hanya sebanyak 2-3 kali seminggu karena telur mengandung banyak kolesterol.

 

Ikan

Asam lemak esensial yang terdapat di dalam ikan seperti ikan tuna dapat mengurangi proses radang akibat gout. Akan tetapi, untuk mencegah terjadinya serangan gout, batasi konsumsi ikan Anda, yaitu hanya 1 porsi sehari, karena ikan tuna juga mengandung purin.

 

Sayuran

Konsumsilah banyak sayuran seperti kalian, kol, paprika merah, dan bit. Akan tetapi, batasi konsumsi beberapa jenis sayuran yang mengandung cukup banyak purin seperti asparagus, bayam, kembang kol, dan jamur.

 

Buah-buahan

Konsumsilah berbagai jenis buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, pepaya, dan ceri. Selain itu, beberapa jenis buah lainnya seperti apel, pir, nanas, dan alpukat juga hanya mengandung sedikit purin, jadi boleh dikonsumsi (tetapi tidak boleh secara berlebihan).

 

Air Putih

Konsumsilah setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya, kecuali bila Anda memang dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak air putih karena alasan kesehatan.

 

Kopi dan Teh

Kopi dan teh aman dikonsumsi oleh para penderita gout.

Sumber: www.dokter.id

tags :