Bagaimana Cara Mencegah Penularan Kuman TBC???

...

Jika setelah melakukan pemeriksaan, dokter menemukan bahwa Anda positif menderita infeksi TBC laten, maka dokter mungkin akan menganjurkan Anda untuk menerima pengobatan TBC untuk menurunkan resiko TBC yang Anda derita berubah menjadi aktif.

Satu-satunya jenis TBC yang dapat menular adalah TBC aktif, yang menginfeksi paru-paru. Jadi bila Anda hanya menderita TBC laten, maka Anda tidak akan dapat menularkannya pada orang lain.

Jika Anda menderita TBC aktif dan ingin melindungi keluarga Anda agar tidak tertular maka terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penularan kuman TBC seperti di bawah ini.

 

Jangan Pergi ke Luar

Jangan pergi ke sekolah atau pergi bekerja atau tidur bersama dengan orang lain selama beberapa minggu pertama pengobatan Anda.

 

Pastikan Kamar Tidur Anda Memiliki Ventilasi Udara yang Baik

Karena kuman TBC dapat dengan mudah menular di dalam ruangan kecil yang tertutup (aliran udara kurang baik), maka pastikan Anda selalu membuka jendela kamar Anda dan nyalakanlah kipas angin agar udara dari dalam kamar Anda dapat mengalir ke luar.

 

Tutup Mulut Anda

Selalu tutupi mulut Anda dengan tisu setiap kali Anda tertawa, bersin, atau batuk. Kemudian segera masukkan tisu kotor tersebut ke dalam tas Anda atau buang.

 

Gunakan Masker

Selalu gunakan masker saat Anda berada di luar rumah, terutama pada 3 minggu pertama pengobatan Anda untuk mencegah orang lain tertular kuman TBC.

 

Selesaikan Rangkaian Pengobatan TBC Anda

Hal ini merupakan langkah terpenting untuk melindungi diri Anda dan orang-orang yang Anda sayangi dari kuman TBC. Saat Anda berhenti mengkonsumsi obat atau lupa mengkonsumsi obat Anda, maka kuman TBC memiliki kesempatan untuk bermutasi dan akhirnya menjadi resisten terhadap berbagai jenis obat TBC. Kuman TBC jenis ini jauh lebih mematikan dan lebih sulit untuk diobati.

 

Vaksinasi

Pada Negara-negara di mana infeksi TBC masih sering ditemui, maka bayi seringkali harus menerima vaksin BCG (bacilli Calmette-Guerin) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi TBC berat pada anak-anak. Vaksin BCG ini tidak dapat mencegah Anda agar tidak terinfeksi kuman TBC tetapi dapat mengurangi keparahan gejala dan komplikasi TBC yang mungkin terjadi.

tags :