Berbagai Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Nyeri Otot

...

Sekitar 5 juta penduduk Amerika menderita fibromialgia, suatu gangguan kesehatan yang gejalanya adalah nyeri otot yang hilang timbul di seluruh tubuh. Penderita biasanya mengeluh nyeri otot di seluruh tubuh tanpa penyebab yang jelas.

Bila Anda merupakan salah satu penderita fibromialgia, maka terdapat beberapa hal mengenai penyakit ini yang mungkin belum pernah Anda ketahui seperti yang akan dibahas di bawah ini.

 

Tidak Selalu Nyeri

Selain nyeri otot, banyak penderita fibromialgia juga mengalami kaku otot (terutama di pagi hari), kesemutan, atau mati rasa pada tangan atau kakinya, gangguan tidur, nyeri kepala, dan merasa amat sangat lelah.

 

Dapat Diketahui

Hanya karena penyebab nyeri pada fibromialgia masih tidak jelas, akan tetapi bukan berarti para dokter tidak dapat mendiagnosa fibromialgia. Jika Anda mengalami nyeri otot pada 11-18 titik dan pemeriksaan telah mengeliminasi semua penyebab lain, maka fibromialgia pun terdiagnosa.

 

Kemungkinan Besar Berhubungan Dengan Sistem Saraf

Sebagian besar ahli menduga bahwa fibromialgia berhubungan dengan gangguan pada sistem saraf, di mana telah terjadi perubahan ambang batas nyeri pada penderita. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman pada tahun 2015, sistem saraf seorang penderita fibromialgia memberikan respon yang berbeda terhadap nyeri.

 

Stress Dapat Memicu Terjadinya Serangan

Banyak penderita fibromialgia mengeluhkan stress fisik dan psikologis yang menjadi pemicu serangan. Hal ini dikarenakan stress (entah bagaimana) menyebabkan perubahan atau kerusakan pada sistem kerja saraf di dalam tubuh penderita, yang mengakibatkan penderita mengalami nyeri otot.

 

Kekurangan Vitamin D Juga Dapat Memicu Terjadinya Serangan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, seseorang yang mengalami nyeri kronik dan menyeluruh seringkali juga memiliki kadar vitamin D yang leibh rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami nyeri. Bila demikian, konsumsilah suplemen vitamin D sesuai dengan anjuran dokter Anda.

 

Berhubungan Dengan Penyakit Lain

Fibromialgia ternyata seringkali berhubungan dengan sindrom kelelahan kronik. Gejala keduanya pun hampir sama, yaitu nyeri otot dan merasa sangat lelah. Perbedaannya adalah pada penderita fibromialgia, gejala yang lebih dominan adalah nyeri dan gejala biasanya terjadi secara perlahan, yang akan memburuk seiring dengan berlalunya waktu; sedangkan pada penderita sindrom kelelahan kronik, gejala yang lebih dominan adalah rasa lelah dan gejala biasanya terjadi dengan sangat cepat serta menjadi sangat berat hanya dalam waktu beberapa hari.

 

Lebih Sering Ditemukan Pada Wanita Daripada Pria

Wanita memiliki resiko 3 kali lebih tinggi untuk menderita fibromialgia dibandingkan dengan pria. Para ahli masih tidak mengetahui mengapa demikian. Selain itu, walaupun dapat terjadi pada usia berapa pun, fibromialgia lebih sering mengenai wanita yang berusia 40 tahun atau lebih. Faktor genetika tampaknya juga memiliki peranan karena penyakit ini cenderung menurun dalam keluarga.

 

Obat-obatan Dapat Membantu

Untuk mengatasi nyeri akibat fibromialgia, terdapat 3 jenis obat yang biasa diberikan oleh dokter, yaitu duloxetine, milnacipran, dan pregabalin. Ketiganya merupakan obat yang dapat menghambat sinyal nyeri, tetapi tidak mengatasi penyebab nyeri.

 

Hal Lain yang Diperlukan Selain Obat

Selain obat-obatan, rasa nyeri biasanya juga dapat membaik dengan melakukan aktivitas fisik tertentu, olahraga tertentu, yoga, dan mengkonsumsi diet sehat dan seimbang. Perubahan gaya hidup dapat membantu mengatasi penyebab penyakit, bukan hanya rasa nyeri.

 

Dapat Disembuhkan

Dengan menggunakan beberapa kombinasi obat dan perubahan gaya hidup, gejala fibromialgia dapat dihilangkan secara permanen. Beberapa penderita dapat mengalami perbaikan hingga tahap tertentu atau bahkan menyeluruh.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :