Bisakah Menebus Waktu Tidur yang Kurang?

...

Terlalu sibuk bekerja membuat Anda sering kurang tidur? Berencana untuk menebus waktu tidur yang kurang itu di akhir pekan? Bila ya, maka Anda bukanlah satu-satunya orang yang melakukannya.

Akan tetapi, benarkah waktu tidur yang kurang selama hari kerja dapat Anda "tebus" di akhir pekan? Menurut para ahli, rencana Anda tersebut justru dapat lebih berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda lho!

Hal ini dikarenakan mencoba "menebus" waktu tidur Anda yang kurang di akhir pekan justru akan mengganggu "jam tubuh" Anda. Perubahan ini justru akan membuat Anda merasa lebih lelah dan mudah marah, bahkan membuat tubuh Anda menjadi lebih stress!

Bila hal ini terus berlangsung, maka Anda pun akhirnya terpaksa harus tidur siang atau mengkonsumsi minuman berkafein untuk membuat Anda mampu melewati hari-hari Anda, yang sayangnya akan semakin membuat "jam tubuh" Anda kebingungan mengenai kapan sebenarnya tubuh Anda harus tidur. Jika hal ini terus berlangsung, maka Anda pun akan mengalami gangguan tidur seperti insomnia.

Kurang tidur tidak hanya akan membuat Anda mudah marah, tetapi juga akan berdampak buruk pada otak Anda. Waktu tidur kurang dari 8 jam akan membuat kemampuan berpikir Anda menjadi lebih lambat dan membuat Anda lebih sulit memproses informasi baru di keesokkan harinya.

Hal ini dikarenakan salah satu manfaat dari tidur yang cukup adalah "membuang" semua "kotoran" di dalam pikiran Anda setiap harinya, sehingga pikiran Anda pun akan menjadi lebih jernih saat bangun di pagi hari.

Apa akibatnya bila Anda terus kurang tidur? Akibatnya adalah Anda akan mengalami gangguan daya ingat  alias mudah lupa. Jadi apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya Anda tidak perlu "menebus" waktu tidur Anda yang kurang karena tubuh Anda telah memiliki "jamnya" sendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah bangun pada waktu yang sama di setiap harinya. Jadi, Anda tidak perlu bangun siang di akhir pekan untuk mengganti waktu tidur Anda yang kurang beberapa hari sebelumnya. Dengan melakukan hal ini, "jam tubuh" Anda pun akan kembali normal dan tubuh Anda pun akan terasa lebih segar.

Apa yang terjadi bila Anda ingin tetap bangun siang di akhir pekan dan kurang tidur di hari kerja? Yang akan terjadi adalah tubuh Anda akan terus berusaha untuk menebus waktu tidur Anda yang kurang, yang sebenarnya justru akan membuat "jam tubuh" Anda semakin kaca balau. Hal ini dikarenakan tubuh sebenarnya TIDAK bisa menebus waktu tidur Anda yang kurang, apalagi bila "hutang" tidur yang Anda miliki sangat besar.

Intinya adalah "dengarkanlah" tubuh Anda dan jadikanlah waktu tidur sebagai prioritas Anda bila Anda ingin agar tubuh Anda tetap sehat sehingga Anda pun dapat melakukan berbagai aktivitas harian Anda dengan baik.

Sumber: www.dokter.id

tags :