dr. Akbari Wahyudi, SpU : Stop Menahan Kencing

...

Dr. Akbari Wahyudi Kusumah, SpU berhasil lulus ditahun 2001 dengan predikat Cum Laude (IPK 3,5) dan menjadi salah satu lulusan terbaik di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung. Dengan memori masa kecilnya, banyak orang sakit yang datang berobat pada ayahnya, seorang Kepala Rumah Sakit Pelabuhan di Cirebon inilah yang membuat dr. Akbari memutuskan untuk menjadi dokter.

Sebetulnya ia tertarik untuk mengambil spesialis Jantung, namun pengalaman selama proses koasistensi di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, membuatnya mantap memilih jurusan Urologi.

Sebagai dokter spesialis di bidang yang masih kurang dipahami orang awam, dr. Akbari menjelaskan pentingnya identifikasi masalah kesehatan yang tepat oleh pasien sebelum datang ke rumah sakit. Dengan begitu, waktu, tenaga dan dana tidak terbuang.

Sebagai tips, ia menjelaskan bahwa secara umum masalah kesehatan di ginjal terbagi 3 (tiga) yaitu pra renal (sebelum ginjal), renal (di dalam ginjal), dan post renal (setelah ginjal).

Masalah pada ginjal dan sebelum ginjal sebaiknya menemui dokter internis, sedangkan masalah post renal seperti infeksi saluran kencing atau prostatitis, barulah berkonsultasi dengan dokter urolog seperti dirinya.

Tip lain darinya untuk menjaga kesehatan di bagian post renal adalah menghentikan kebiasaan menahan kencing. "Apapun alasannya, sebaiknya hindari kebiasaan menahan selama lebih dari 30 menit." tegasnya.

 

Untuk tahu jadwal prakter dr. Akbari di Mayapada Hospital klik link ini. 

tags :