Main Buat Berat Badan Turun, Masa Sih?

...

sebuah penelitian kecil yang dilakukan oleh the University of Exeter, Inggris, bermain sebuah permainan komputer mungkin dapat membantu sejumlah orang mengendalikan kebiasaan mereka mengkonsumsi berbagai jenis cemilan tidak sehat.

Pada permainan tersebut, otak para peserta penelitian "dilatih" untuk mengurangi jumlah konsumsi kalorinya dengan cara para peserta diminta untuk tidak menekan tombol saat melihat beberapa gambar tertentu seperti biskuit dan cokelat. Peserta diminta untuk bermain selama 10 menit, 4 kali seminggu.

Dari 41 orang peserta penelitian (semuanya orang dewasa), sebagian besarnya memiliki berat badan berlebih dan semuanya mengaku sering mengkonsumsi berbagai jenis cemilan yang mengandung banyak kalori seperti keripik kentang, biskuit, kue, dan coklat; setidaknya 3 kali seminggu.

Pada penelitian ini, para peneliti melakukan "latihan otak" pada para peserta untuk mengubah perilakunya, yaitu menahan godaan terhadap berbagai jenis cemilan tidak sehat. Peserta diminta untuk tidak menekan tombol saat ada makanan tidak sehat muncul di layar komputer. Dengan demikian, otak para peserta pun "dilatih" untuk "berhenti" saat melihat makanan tidak sehat.

Hasilnya, para peserta pun tampak mengalami penurunan berat badan (sekitar 0.7 kg) dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori (220 kalori lebih sedikit) setiap harinya hingga 6 bulan kemudian (setelah "latihan otak" dimulai).

Walaupun demikian, para peneliti mengatakan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dengan jumlah peserta penelitian yang lebih banyak untuk memastikan efek jangka panjang dari "latihan otak" dengan menggunakan permainan komputer tersebut.

Sumber: www.dokter.id

tags :